oleh

Kerak Tahu Cita Rasa Kuliner Cirebon

Cirebontrust – Kerak Tahu atau Hintip Tahu adalah salah satu kuliner khas cirebon. sesuai dengan namanya, kera tahu berbahan dasar endapan tahu yang direndam selama tiga jam. dengan diramu menggunakan bumbu-bumbu penyedap serta potongan cabe rawit, kerak tahu ini kemudian dibungkus dan di pepes selama beberapa saat. dengan sayur asam hangat dan dipadu dengan kerupuk udang, pepes tahu sangat nikmat disantap sebagai menu sarapan maupun makan siang anda.

Kerak Tahu yang merupakan Makanan Khas dari wilayah Timur Kabupaten Cirebon, tepatnya di Desa Cipeujeh Kecamatan Lemah Abang.di Desa Cipeujeh, terdapat banyak warung yang secara khusus menyajikan Pepes Kerak Tahu atau yang berbahan dasar Tahu. salah satunya di warung makan Barokah yang berada di Jalan K.H Wahid Hasyim Desa Cipejeuh, Kecamatan Lemah Abang, Kabupaten Cireon. Di warung Barokah ini, penikmat kuliner bisa memilih secara langsung makanan yang sangat menggugah selera berbahan dasar Tahu yang diramu dengan bumbu-bumbu penyedap khas serta potongan cabe dan sayur-sayuran.

Selain rasanya yang gurih dan menggugah selera, kerak tahu sangat cocok dimakan dengan paduan sayur asam dan sambal Khas Warung Barokah yang pedas. Abi, salah satu penikmat kuliner mengaku ketagihan dengan rasa gurih Kerak Tahu yang sempurna dengan dipadu sayur asam dan sambal pedas. “beberapa kali datang kesini, jadinya ketagihan mas. gurihnya itu enak sekali, apalagi ditambah sayur asam dan sambal,” tutur Abi usai menikmati Kerak Tahu.

lebih jauh Abi menjelelaskan, Gurihnya Pepes Kerak Tahu yang menggunakan daun pisanng sebagai bungkusnya tersebut sangat nikmat di makan kapanpun. “mau dimakan pagi, siang atau malam kerak tahu tetep enak mas.” Jelas Abi

Dalam perkembangannya, kerak tahu memiliki banyak varian rasa dan kombinasi. mulai dari jamur , ikan sampai daging ayam yang mampu memunculkan selera makan para penikmatnya. warung Barokah yang buka sejak pukul 07:00 pagi hingga sore hari menyajikan sajian kerak tahu hangat. dalam sehari, warung Barokah mampu membuat lebih dari seribu bungkus Pepes Kerak tahu dalam sehari.

dengan harga yang sangat terjangkau, pepes tahu bisa menjadi referensi kuliner bagi para penikmat makanan khas. jadi, jika anda berkunjung ke wilayah timur Kabupaten Cirebon atau lebih tepatnya di sekitar Desa Cipeujeh, belum lengkap rasanya jika belum menikmati makanan yang satu ini. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed