oleh

Kepala Bapusipda Jabar: Keberadaan Perpustakaan Hendaknya Dimanfaatkan Masyarakat

Cirebontrust.com – Keberadaan perpustakaan daerah, sekolah, perpustakaan desa, perguruan tinggi maupun perpustakaan yang ada di pondok pesantren hendaknya bisa dimanfaatkan masyarakat, terutama oleh anak-anak.

Demikian disampaikan Kepala Badan Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, Nenny Kencanawati, pada kegiatan Safari Gerakan Minat dan Budaya Baca bertajuk “Gerakan Membaca Buku Meningkatkan Minat Masyarakat ke Perpustakaan di Jawa Barat (Gemaku Memikat)”, Kamis (15/12), di Sumber Kabupaten Cirebon.

Nenny menjelaskan, tidak jarang di era sekarang ada perubahan sikap dan perilaku yang terjadi pada anak-anak, dikarenakan pemanfaatan gadget. Hal itu tentunya perlu ada pengawasan dari para orangtua. Dengan Gerakan Minat dan Budaya Baca ini, diharapkan mengalihkan perhatian anak-anak agar memanfaatkan buku-buku yang ada di perpustakaan.

“Peran orangtua sangat penting untuk mengarahkan anak-anak agar menyukai buku atau bahan bacaan”,” ujarnya.

Terkait minat baca masyarakat Jawa Barat, Nenny mengungkapkan, tahun ini pihaknya tengah melakukan kajian, sehingga di awal tahun dapat diketahui hasilnya. Dirinya percaya bahwa minat dan budaya baca di Jabar sudah cukup baik.

Dikatakan Nenny, diera digital ini, membaca bukan hanya buku secara fisik, tapi sumber informasi dan bahan bacaan juga bisa dalam bentuk digital. Banyak sekali koleksi-koleksi buku berkualitas yang sudah dialih-mediakan dalam bentuk digital, sehingga lebih mudah dibaca setiap kalangan.

Nenny menambahkan, perpustakaan tidak hanya tempat koleksi buku, tapi juga bisa dijadikan sebagai pusat kegiatan, misal diskusi atau bedah buku.

“Di perpustakaan, anak-anak juga bisa membangun aktivitas, seperti bercerita dan berpidato, lewat bahan bacaan yang ada di sana,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kepala Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Cirebon, Nila Zuliati Abubakar, mengungkapkan, dirinya merasa bersyukur Perpusda Kabupaten Cirebon dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Safari Gerakan Minat dan Budaya Baca tiga tahun berturut-turut.

BACA JUGA:   Lesbumi Cirebon Sampaikan Pesan Toleransi Melalui Lakon Wayang di Delapan Tajug

“Diharapkan melalui kegiatan ini dapat memotivasi dan mendorong masyarakat Kabupaten Cirebon untuk memanfaatkan buku dan bahan bacaan di perpustakaan,” jelasnya. (Haris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed