oleh

Kemenkes Ungkap Penyebab Meninggalnya Pemudik di Ruas Tol

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kementerian Kesehatan, Oscar Primadi, membenarkan adanya korban jiwa terkait kemacetan parah di Tol Brebes, yang terjadi pada puncak arus mudik awal Juli lalu.

Namun, Oscar membantah klaim bahwa 13 korban yang meninggal akibat kemacetan tersebut terjadi pada satu hari. Dia menjelaskan, jumlah tersebut merupakan akumulasi macet yang berlangsung sejak tanggal 3 hingga 5 Juli 2016.

Oscar menambahkan, bahwa kepada masyarakat yang menjalani perjalanan jauh saat Idul Fitri, baik mudik atau saat kembali nanti untuk selalu mengutamakan kesehatan dan keselamatan khususnya dalam perjalanan. Jika merasa lelah, disarankan untuk berhenti untuk istirahat agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes RI, Achmad Yurianto menjelaskan bahwa ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab adanya korban yang meninggal. Di antaranya kelelahan dan kekurangan cairan dapat berdampak fatal. Apalagi pada kelompok rentan anak-anak, orang tua, pemudik dengan penyakit kronis (hipertensi, diabetes, jantung) dapat meningkatkan risiko.

Menurut Yurianto, kondisi kabin kendaraan yang relatif sempit serta tertutup dengan pemakaian AC terus menerus akan menurunkan oksigen serta naiknya CO2. (Net/CT)

BACA JUGA:   Festival Kolang Kaling di Majalengka Masuk Rekor Muri

Komentar

News Feed