oleh

Kanker Prostat Duduki Peringkat Keenam Penyakit Berbahaya di Indonesia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Ahli Urologi dari RS Siloam ASRI Dokter Chaidir Arif Mochtar mengatakan, kanker prostat menduduki peringkat keenam penyakit yang diderita penduduk Indonesia setelah kanker payudara, kanker paru, kanker usus besar, kanker mulut rahim, kanker hati.

Kalau sampai merasakan nyeri tulang, bahkan ada patah tulang di tulang belakang maka dikhawatirkan bisa lumpuh. Makanya perlu melakukan skrining lebih awal, tak perlu takut.

Mortalitas akibat kanker prostat di Indonesia jumlahnya pertengahan seperti di Iran. Jumlah mortalitas terbanyak akibat kanker prostat ada di Australia dibandingkan dengan jumlah penduduk.

Salah satu penyebab kanker prostat, terang Chaidir, makanan tinggi lemak. Seperti daging,  bistik yang juicy mengandung kadar lemak tinggi. Kurangnya terkena paparan sinar matahari, terpapar logam berat, usia lanjut juga rentan terhadap kanker prostat. Laki-laki yang orangtuanya kena kanker prostat punya risiko delapan kali lebih besar dari teman yang keluarganya tak kena kanker prostat.

Untuk mencegah kanker prostat, laki-laki harus banyak mengonsumsi makanan tinggi kedelai, makan tahu tempe, minum teh hijau, tomat, dan makanan yang mengandung anti-oksidan lainnya. (Net/CT)

BACA JUGA:   Terindikasi Ada Kecurangan, Warga Karanganyar Protes Hasil Pilwu

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed