oleh

Jutaan Ponsel Android Terinfeksi Malware HummingBad?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Pengguna ponsel Android harus semakin waspada, sebab telah ditemukan sebuah program jahat atau malware baru yang sukses menginfeksi 85 juta perangkat sistem operasi tersebut. Demikian temuan yang diperoleh Check Point.

Malware yang dijuliki HummingBad ini dilaporkan mampu menghasilkan US$300.000 setiap bulan dari iklan penipuan yang dibuat oleh si pelaku. HummingBad pertama kali ditemukan pada Bulan Februari dan diduga berasal dari China. Malware ini termasuk canggih karena mampu menghindar dengan membangun semacam rootkit permanen.

Malware tersebut, disebutkan secara otomatis akan menginstal software ke perangkat Android yang terinfeksi, kemudian digunakan untuk menghasilkan pendapatan secara ilegal bagi kalangan pelaku kriminal di dunia maya.

Mayoritas korban malware tersebut terbanyak berasal dari China dan India, dengan masing-masing negara mencapai lebih dari 1 juta kasus. HummingBad berhasil meretas perangkat Android yang memasang aplikasi pihak ketiga di luar Google Play Store. Sehingga dengan mudah malware ini mampu mengambil alih ponsel dari jarak jauh. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kawasan Kanoman dan Bendakerep Bakal Ditata Jadi Kampung Wisata

Komentar

News Feed