oleh

Inovasi Pangan, Jepang Pamer Varietas Bawang Anti Pedih di Mata

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Ibu-ibu mana yang tidak tahu pedihnya mata ketika mengiris bawang merah? Air mata tiba-tiba keluar ketika sedang enak-enaknya memasak. Kini, sebuah perusahaan Jepang bernama House Foods Grup tengah bersiap untuk meluncurkan bawang anti perih di mata pertama di dunia ke pasaran.

Bawang diketahui dapat menginduksi air mata melalui gas yang menguap dari sel yang telah terkena irisan pisau. Membekukan bawang merah dinilai bisa mengurangi pergerakan dan mengurangi syn-propanethial-S-oksida yang dapat membuat perih. Varietas bawang bombay anti perih tersebut dinamai “Smile Ball” atau bola senyum. Diharapkan saat mengirisnya, Anda tidak akan menangis, melainkan tersenyum.

“Smile Ball” merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan bertahun-tahun. Pada 2002, para ilmuwan di House Foods Grup menerbitkan sebuah jurnal yang menyebutkan enzim pembuat perih di dalam bawang dapat dilemahkan tanpa menghilangkan kandungan gizi dari bawang merah itu sendiri.

Penelitian tersebut awalnya dianggap lelucon. Namun ternyata perusahaan tersebut mengumumkan teori mereka akhirnya telah menjadi kenyataan. Meski House Foods Grup menyatakan belum berniat memproduksi bawang anti perih dalam waktu dekat, tampaknya varietas bawang tersebut akan membanjiri pasar pada musim gugur ini di Jepang.

Sekitar lima ton bawang “Smile Ball” akan dijual di sejumlah department store di Tokyo, serta dijual secara daring. Satu bungkus “Smile Ball” dibanderol seharga 4,30 dolar AS atau Rp55.900, dua kali lipat dari harga bawang bombay biasa. (Net/CT)

BACA JUGA:   Kapolres Majalengka Cek Kesiapan Kendaraan Dinas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed