oleh

Inilah Orang Pertama yang Berhasil Mendaki Gunung Semeru

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Orang pertama yang mendaki gunung tertinggi di Jawa ini adalah Clignet (1838) seorang ahli geologi berkebangsaan Belanda dari sebelah barat daya lewat Widodaren, selanjutnya Junhuhn (1945) seorang ahli botani berkebangsaan Belanda dari utara lewat gunung Ayeg-ayeg, gunung Inder-inder dan gunung Kepolo.

Tahun 1911 Van Gogh dan Heim lewat lereng utara dan setelah 1945 umumnya pendakian dilakukan lewat lereng utara melalui Ranupane dan Ranu Kumbolo seperti sekarang ini.

Semeru memiliki tinggi mencapai 3676 mdpl. Gunung ini terletak di Taman Nasional Bromo,Tengger,Semeru. Gunung ini terkenal sangat ekstrim sehingga tak sedikit orang yang gugur dalam perjalanan menuju puncak para dewa yaitu Mahameru. Gunung ini sangat disakralkan oleh masyarakat sekitar oleh karena itu terdapat pantangan-pantangan bagi para pendaki. Namun, karena keindahannya, karena memiliki 3 ranu / danau yang sangat indah yaitu Ranu Pani,Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo, gunung ini menjadi tempat favorit para pecinta alam. (Net/CT)

BACA JUGA:   Ini Penjelasan Dirut PAM Tirta Giri Nata soal Reklasifikasi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed