oleh

Ini Penyakit yang Berguna Bagi Penderitanya

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Tidak semua penyakit bersifat merugikan bagi penderitanya. Terkadang, penyakit adalah anugerah atau memberikan keuntungan tersendiri. Di dunia ini ternyata ada sebuah kelainan bernama Hyperthymesia. Sebuah kondisi yang bisa membawa keuntungan bagi pemiliknya. Hyperthymesia adalah gangguan neuropsikologi yang sangat jarang yang ‘menganugerahkan’ penderitanya kapasitas memori yang luar biasa.

Kondisi tersebut memengaruhi dua area otak yang mengendalikan kapasitas memori dan pembentukan yaitu Caudate Nucleus dan Lobus Temporal. Caudate Nucleus berperan menyimpan memori yang tidak dipikirkan, sedangkan Lobus Temporal bertanggung jawab menyimpan tanggal, fakta atau kejadian yang memang dipilih untuk diingat. Kondisi ini bisa menjadi beban karena penderitanya tidak memiliki pilihan apa yang perlu dan tidak perlu diingat. Tapi manfaatnya, penyakit ini dapat membuat Anda ingat semua hal.

Selain itu, ada pula Urbach Wiethe adalah sebuah kondisi yang disebut sebagai penyakit dimana penderitanya kehilangan kemampuan untuk merasakan rasa takut. Menurut penelitian, Ini disebabkan oleh gangguan atau rusaknya Amygdala, yaitu sebuah sebuah bagian otak yang berbentuk seperti biji Almond. Amygdala berfungsi sebagai reaktor rasa takut pada manusia normal. Penyakit bawaan ini sangat jarang dan tidak dapat disembuhkan, yang menyebabkan penebalan pada kulit dan jaringan otak. Penderitanya mengalami reaksi seperti kulit keriput dan kering, serta kerusakan otak terutama pada daerah amigdala. (Net/CT)

BACA JUGA:   Anak Kampung Mbaca Antusias Belajar Alat Musik Tradisional

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed