oleh

Hindari Tiga Hal ini Jika Karir Anda ingin Berkembang

CIREBON (CT) – Sebagian besar karyawan tentunya berharap mempunyai karir yang terus tumbuh dan meningkat lebih baik lagi. Menurut Dosen Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) sekaligus Inspirator Sukses Mulia, Jamil Azzaini, saat ditemui CT beberapa waktu lalu, ada tiga jenis penyakit atau energi negatif yang harus dibuang dan dijauhi jika seorang karyawan ingin karirnya berkembang.

Penyakit pertama adalah “Blame”. Ciri-ciri karyawan yang dihinggapi penyakit Blame adalah selalu menyalahkan orang lain maupun keadaan. Tipe karyawan seperti ini selalu berpikir, apapun hal negatif yang terjadi pada dirinya merupakan salah orang lain, tanpa sekalipun melihat apa yang telah dia lakukan.

Penyakit kedua adalah “Excuse” atau pintar membuat alasan. Karyawan seperti ini punya kebiasaan mencari-cari alasan. Sedangkan penyakit yang ketiga adalah “Denial” atau menolak kebenaran.

“Penolakan juga bisa terhadap sesuatu yang baru dan baik,” ujarnya.

Dijelaskan Jamil, huruf pertama Blame adalah “B”, Excuse punya huruf pertama “E”, dan Denial berhuruf pertama “D”. Jika digabungkan ketiga kata tersebut membentuk kata “BED” atau dalam bahasa Inggris berarti tidur.

Hal itu dapat dimaknai, karyawan yang dihinggapi penyakit BED sebaiknya tidur saja.

“Dikarenakan karyawan itu tidak produktif dan terjebak di zona nyaman serta tidak mau tumbuh,” pungkasnya. (Haris)

Komentar

News Feed