oleh

Hewan Asli Indonesia yang Harganya Selangit!

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Indonesia memang kaya akan flora dan faunanya yang beragam. Karena Indonesia dilewati oleh garis Wallace yang memisahkan wilayah geografi hewan Asia dan Australia. Bagian barat dari garis ini berhubungan dengan spesies Asia; di timur kebanyakan berhubungan dengan spesies Australia. Berikut nama-nama hewan asal Indonesia yang memiliki harga luar biasa.

  1. Sapi Limousin. Hanya orang-orang yang benar-benar kaya bisa beli atau setidaknya naik mobil Limousine. Predikat yang sama juga berlaku bagi siapa pun yang punya sapi Limousin. Sapi satu ini memang sudah terkenal seantero nusantara akan harganya yang bikin geleng-geleng kepala. Harga minimal untuk satu sapi Limosin bisa berkisar Rp50 jutaan. Alasan kenapa sapi ini dhargai mahal adalah karena bentuk fisiknya yang sangat aduhai. Selain itu dari sisi berat tubuhnya, sapi Limousin adalah yang paling berbobot dari semua jenis yang ada di Indonesia. Bahkan berat sapi yang populasinya sudah mulai menyebar ini bisa mencapai 1,3 ton. Alasan lain kenapa harganya mahal ketika makin tua, adalah kualitas dagingnya yang lebih baik dari sapi kebanyakan.
  2. Kambing Gembrong. Kambing umumnya dibanderol dengan harga menengah antara Rp2 juta sampai Rp5 juta tergantung ukuran dan jenisnya. Dilihat dari tampilannya sendiri kambing Gembrong cukup unik. Tubuhnya memang seperti kambing pada umumnya, namun bulunya benar-benar lebat. Bukan keriting seperti domba, melainkan lurus seperti kuda poni.
  3. Babi Papua. Babi Papua pada dasarnya tidak ada bedanya dari jenis yang lain. Hanya saja ukurannya memang agak sedikit lebih besar. Postur tubuhnya juga gempal dengan kulitnya yang agak kecoklatan. Berbekal semua kelebihan ini tak heran harga babi ini lumayan mahal. Babi Papua paling murah dijual dengan harga Rp13 jutaan. Sedangkan untuk yang paling mahal bisa mencapai Rp30 juta.
  4. Ayam Cemani. Ayam Cemani , seperti yang kamu tahu, berwarna serba hitam. Tak hanya bulunya, bahkan daging serta organ tubuhnya pun berwarna pekat. Di Amerika, Cemani bisa mencapai Rp28 juta per ekornya, sedangkan di Indonesia jauh lebih mahal lagi. (Net/CT)
BACA JUGA:   Pemkab Kuningan Terancam Digugat Sengketa Penguasaan Lahan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed