oleh

Empat Kandidat Sekda Kota Cirebon Diuji Kompetensi

Citrust.id – Empat pejabat eselon IIb Kota Cirebon mengikuti uji kompetensi untuk jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Senin (22/6) pagi, di salah satu hotel di Jalan Siliwangi Kota Cirebon.

Uji kompetensi yang diberikan oleh tim asesor dari Badan Kepegawaian Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Jawa Barat tersebut, berupa tes tulis dan wawancara.

Sedangkan keempat pejabat yang ikut serta tereebut adalah Ir Yati Rohayati yang saat ini menduduki Kepala Dinas Pangan Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPPKP), Drs Agus Mulyadi MSi selaku Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), Drs Sumanto yang menjabat Asisten Daerah dan M Arif Kurniawan ST yang menjabat Kepala BP4D Kota Cirebon.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Cirebon, Drs Anwar Sanusi MSi mengatakan, setelah open bidding tidak ada yang daftar, Pemkot Cirebon menggelar uji kompetensi.

“Awalnya pemahaman kita yang boleh ikut, memiliki batas usianya 58 tahun, lalu menduduki jabatan eselon II selama 2 tahun. Kemudian diusulkan dan ditolak oleh KASN, lantaran ada yang melebihi 58 tahun,” ujarnya.

Anwar juga mengakui mengirimkan kembali untuk yang kedua dan ditolak. Sedangkan usulan yang ketiga, baru diterima oleh KASN. Sedangkan pemilihan nama yang dikirimkan, merupakan hak prerogratif kepala daerah.

“Ternyata, pejabat yang boleh ikut serta dalam uji kompetensi ini tidak mesti sudah menduduki jabatan selama dua tahun, melainkan baru setahun pun boleh ikut,” ujarnya.

Kemudian, lanjut Anwar, keempat pejabat tersebut akan mengikuti uji kompetensi selama dua hari, baik dari BKPSDM Jabar maupun Panitia Seleksi (Pansel) yang sudah dibentuk.

“Ujiannya sama, ada tes tulis dan wawancara. Untuk Pansel akan diisi oleh akademisi, birokrat Jabar dan tokoh masyarakat,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Di Depan Balaikota Cirebon, Mahasiswa Ingatkan Sejumlah Pelanggaran HAM

Selanjutnya, dari keempat pejabat yang ikut uji kompetensi tersebut, tidak ada yang gugur karena akan langsung ditunjuk oleh walikota Cirebon, berdasarkan hasil uji kompetensi. (Aming)

Komentar

News Feed