oleh

Disperindag Kota Cirebon Gelar Festival Mangga Gedong Gincu 2014

CIREBON (CT) – Pemerintah Kota Cirebon melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menyelenggarakan Festival Mangga Gedong Gincu 2014, di Atrium Cirebon Super Block (CSB) Mall. Event tersebut merupakan pameran makanan olahan berbahan dasar mangga gedong gincu mulai 28-29 November 2014, yang diikuti oleh beberapa Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Kota Cirebon.

Acara tersebut dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong oleh wakil Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis, didampingi Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UMKM Kota Cirebon, Ir. Yati Rohayati.

“Tahun 2014 ini, pemerintah Jawa Barat memberikan bantuan keuangan pada pemerintah Kota Cirebon untuk melaksanakan kegiatan dalam pembangunan agro bisnis, sehingga terselenggaralah festival ini,” kata Azis dalam sambutannya.

Selain itu, kegiatan ini menjadi sebuah angin segar bagi para pegiat buah gedong gincu, karena disamping menjual buah segarnya, mereka bisa mengolah kembali menjadi berbagai macam makanan olahan lain, seperti, dodol, sirup, dan lainnya.

“Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat, khususnya bagi para produsen mangga gedong gincu untuk mengkreatifitaskannya menjadi makanan olahan yang bervariasi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi UMKM Kota Cirebon sekaligus ketua penyelenggara, Ir. Yati Rohayati mengatakan, pelaksanaan event tersebut didasari oleh beberapa faktor, dan yang menjadi kendala para petani mangga gedong gincu dalam memasarkan buah segarnya.

“Kegiatan ini merupakan prioritas sektor kewilayahan untuk pengembangan agri bisnis, dalam hal ini usaha makanan olahan dari berbahan dasar mangga gedong gincu. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai ajang promosi bagi para UMKM dari Dinas koperasi kota Cirebon,” tutur Yati.

Yati berharap, melalui kegiatan tersebut, dapat mengangkat motivasi bagi para petani dan pengrajin makanan olahan berbahan dasar mangga gedong gincu untuk terus mengembangkan dan mengkreatifitaskan produk usahanya.

BACA JUGA:   Campervan Siap Jelajahi Destinasi Wisata Majalengka

“Mudah-mudahan akan menjadi daya angkat bagi pemasaran dan produktivitas mangga gedong gincu, baik buahnya maupun makanan olahannya,” harapnya. (CT-108)

Komentar

News Feed