oleh

Di Samping Mencegah Kehamilan, Ini Manfaat Lain Pil KB

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Sekitar tahun 1960, Food & Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat menyetujui penggunaan pil kontrasepsi dan mengenalkannya ke masyarakat umum.

Sejak saat itu, banyak pihak terus menggali beragam manfaat dari penggunaan pil kontrasepsi. Selain untuk mengendalikan kehamilan, terdapat alasan lain yang ke depannya mampu menjadikan kaum perempuan lebih mandiri, meningkatkan kesehatan dan kualitas hidupnya.

Kontrasepsi dapat menjauhkan flu. Cuaca dingin identik dengan flu, terkadang penyakit ini juga muncul di waktu-waktu berbeda sehingga kadang dianggap memgganggu. Penelitian menunjukkan, bahwa pil kontrasepsi dapat membantu tubuh melawan virus flu.

Kontrasepsi juga menurunkan risiko kanker ovarium. Kanker ovarium dan endometrium adalah dua bentuk kanker yang unik bagi wanita. Menjaga kadar hormon secara teratur dan mencegah ovulasi dengan pil kontrasepsi, ternyata dapat memperkecil risiko kedua jenis kanker ini.

Tergantung pada bagaimana pil Kontrasepsi digunakan, pil KB juga mampu mengurangi atau mencegah datangnya menstruasi. Ini berarti, Anda memiliki lebih sedikit atau tidaknya mendapat tamu bulanan. Pil ini juga membantu Anda menghindari anemia, dan menjaga tingkat energi Anda teratur sepanjang bulan.

Anda tentu pernah merasa tersiksa saat datangnya siklus bulanan Anda. Mood yang naik dan turun ini disebabkan oleh progesteron dan estrogen, sehingga menimbulkan ketidaknyamanan, kembung dan gejala lain yang menjadi “mimpi buruk” banyak wanita saat siklus bulanan ini datang. Namun, pil kontrasepsi dapat membantu mengatur hormon, dan ini akan membantu menjaga mood Anda. (Net/CT)

BACA JUGA:   Ini Penjelasan Dirut PAM Tirta Giri Nata soal Reklasifikasi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed