oleh

Dari Hobi Memelihara Ayam Rumahan, Zaenudin Kini Jadi Peternak Sukses

CIREBON (CT) – Jangan sekalipun melihat sebelah mata kegemaran atau hobi. Terbukti banyak entrepereneur sukses berawal dari hobi. Dari hobi memasak, hobi sebagai kolektor, fotografi, hingga memelihara binatang. Kenapa tidak mengembangkannya menjadi bisnis yang menghasilkan.

Zaenudin, Pemuda asal Desa Kreyo Kecamatan Klangenan Kabupaten Cirebon mislanya. Dari mulai Hobi memlihara ayam, sekarang dia pun berbisnis hewan tersebut. Sekarang dia sudah mempunyai ribuan ayam jenis negeri.

“Boleh dibilang hobi memelihara ayam sebagai sebuah pemenuhan kebutuhan batin untuk melepaskan diri dari kejenuhan karena rutinitas keseharian. Karena sifatnya itulah, yang berlaku dalam soal hobi adalah kesenangan yang tak terhingga. Dan ketika hobi diboyong ke dalam wilayah bisnis, kemungkinan besar berhasil dengan baik. Hobi yang dilakukan dengan tujuan awal melepas kejenuhan, kemudian malah menghasilkan uang,” Kata dia.

Dikatakan Zay (sapaan akrabnya), untuk hobi dan bisnisnya, dia meluangkan lebih banyak waktu untuk mendalami hobi ayam. Dengan demikian akan lebih banyak menghasilkan ayam yang berkualitas dan pahami pahami detail persoalannya. “Yang ke depan hasil hobi ayam berkualitas itu tentunya akan meningkatkan nilai jual produk yang kita geluti tersebut,” paparnya.

Terlebih jika banyak orang yang menekuni hobi ayam yang sama, tentunya produk kita musti memiliki nilai lebih dibandingkan produk sejenis. Setidaknya hasil karya kita mampu bersaing di pasaran. Setelah kualitas ayam yang dihasilkan sudah dianggap cukup selanjutnya tingkatkan produktifitasnya.

“Awalnya iseng ternak, karena emang suka memelihara ayam. Saya mulai berpikir, kenapa tidak dijadikan bisnis saja. Dan akhirnya saya melakukan itu. Saya Upayakan bisa belajar langsung dari orang–orang yang sebelumnya terbukti sudah sukses menjalankan hobi yang sekaligus dijadikan peluang bisnis. Saya jadikan mereka mentor. Hasilnya lumayan cukup untuk jajan tiap hari,” Imbuhnya. (CT-122)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed