oleh

Daftar Pembentukan Enam Holding Usulan Kementerian BUMN

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Kementerian BUMN mengusulkan pembentukan enam Holding BUMN yang ditujukan memberi dampak signifikan kepada perekonomian seperti mendorong pembangunan infrastruktur.

Menurut Menteri BUMN Rini Soemarno, enam Holding BUMN itu adalah pertama, Holding BUMN Pertambangan dengan induk perusahaan PT Inalum.

Kedua, Holding BUMN Energi dengan induk perusahaan PT Pertamina. Ketiga, Holding BUMN Perumahan dengan induk perusahaan Perumnas dengan anak perusahaan antara lain PT Pembangunan Perumahan dan PT Adhi Karya.

Keempat, Holding BUMN infrastruktur, terutama jalan tol dengan holdingnya adalah PT Hutama Karya. “Syarat perusahaan holding adalah yang 100 persen milik negara,” katanya.

Selain itu, pemilikan saham pada anak perusahaan oleh pemerintah tidak boleh kurang dari 51 persen dan ada saham seri A sehingga negara tetap mimiliki kontrol atas perusahaan itu.

Kelima, Holding BUMN jasa keuangan dengan induk perusahaan PT Danareksa. Nantinya direksi akan berubah karena harus mampu mengelola perusahaan sektor jasa keuangan. Keenam, Holding BUMN pangan dengan induk perusahaan Perum Bulog, dan anak perusahaan PT Sang Hyang Sri, Pertani, dan lainnya.

Kabarnya, pemerintah akan duduk bersama dengan BPK dan DPR, supaya proses holdingisasi BUMN itu dapat terselesaikan. (Net/CT)

BACA JUGA:   TNGC Membudidayakan Empat Jenis Edelweiss

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed