oleh

Cara Hacker Membobol Server Situs Online Shop

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Praktisi keamanan komputer bernama Herdian Nugraha menemukan celah keamanan dalam situs-situs belanja online, Tokopedia, Bukalapak, dan situs pesan desain online, Sribu.com.

Dalam situs blog pribadinya, Herdian membeberkan metode pembobolannya. Ia mengakses server ketiga situs dengan memanfaatkan celah keamanan bernama ImageTragick.

Baca juga: Tiga Situs Online Shop Dibobol, Hacker Justru Diganjar Jutaan Rupiah

Celah keamanan ImageTragick, memanfaatkan kelemahan ImageMagick, piranti lunak yang biasa digunakan oleh layanan web untuk memproses foto atau gambar. Bug tersebut ditemukan oleh peneliti keamanan Nikolay Ermishkin pada Mei 2016 lalu.

Untuk membobol server, Herdian kemudian membuat file MVG (ImageMagick Vector Graphic) yang telah dimodifikasi yang kemudian disimpan dalam format JPG/PNG/GIF untuk diunggah di situs Tokopedia, Bukalapak, dan Sribu.

Setelah file gambar yang dimodifikasi itu diunggah, Herdian pun mendapatkan hak penuh akses server di ketiga situs. Di sana, ia bisa mendapatkan data penting, seperti alamat e-mail dan password pengguna. (Net/CT)

BACA JUGA:   Polres Majalengka Amankan Ribuan Botol Miras

Komentar

News Feed