oleh

Bumbu Dasar Rahasia yang Jadi Jantung Masakan Indonesia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Bumbu adalah campuran rempah-rempah. Bumbu merupakan inti dari berbagai masakan Indonesia yang dapat digunakan pada tahap persiapan (marinating) dan tahap memasak (tumis, sup, panggang, bakar atau kukus). Bumbu adalah titik awal dari semua hidangan. Lantas apa saja bumbu rahasia masakan Indonesia yang menggoda selera itu?

Bumbu dasar putih
Masakan Indonesia yang sangat beragam dalam pengolahan bahan dan penggunaan rempah-rempah, memiliki kesamaan dalam bumbu dasar yang kerap diaplikasikan dalam setiap masakan. Secara garis besar pada masakan Indonesia dapat digolongkan menjadi tiga bumbu dasar, yaitu bumbu dasar merah, putih, dan kuning. Dan tiga jenis bumbu dasar dapat dikembangkan menjadi beragam jenis masakan Indonesia.

Bumbu dasar putih terdiri dari paduan bawang merah, bwang putih, ketumbar, dan kemiri yang dihaluskan. Bumbu ini dapat digunakan pada masakan ase lidah, gudeg, teri daging, sayur lodeh, tempe bacem dan opor.

Bumbu dasar merah
Bumbu dasar merah terdiri dari cabai merah besar, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Bumbu dasar merah cenderung pedas dan biasa digunakan pada masakan bumbu sambal goreng, rendang, kering tempe, pepes, sambal bajak, aneka gulai, ayam bumbu rujak dan aneka balado.

Bumbu dasar kuning
Bumbu dasar kuning merupakan perpaduan bumbu dasar putih yang dicampurkan dengan kunyit. Bumbu dasar kuning dapat dikembangkan menjadi bumbu kari, acar kuning, pesmol ikan, nasi kuning, teri daging, aneka pepes, ayam goreng dan soto.

Bumbu dasar kuning paling sering digunakan untuk teknik ungkep. Selain ditemukan dalam berbagai masakan nusantara, penggunaan variasi bumbu dasar kuning juga dapat ditemukan dalam olahan masakan Asia, seperti kari, dhals dan pilafs.

BACA JUGA:   Patriot Desa Gandeng Unma Berdayakan Masyarakat

Dalam karakteristik kuliner Indonesia sendiri dapat terlihat bahwa masakan Padang umumnya menggunakan bumbu merah dan kuning, masakah Betawi dan Sunda umumnya menggunakan putih dan kuning, sementara masakan Jawa Tengah biasanya menggunakan bumbu putih dan merah. (Net/CT)

Komentar

News Feed