oleh

Banyak Diminati Harga Burung Murai Medan Mulai Melambung

CIREBON (CT) – Burung murai Medan belakangan ini mulai banyak diminati para penghobi burung kicau. Selain suaranya merdu, murai Medan juga ternyata pandai menirukan beragam suara burung lain seperti suara Cililinan, suara Kenarian dan suara burung Jenggot.

Jenis murai sendiri yang banyak dijumpai disetiap pedagang burung sangat beragam, mulai dari murai medan, Burdan, Lampung, Borneo dan murai Aceh. Harganya pun sangat fantastis mulai dari Rp.2 juta hingga Rp10 juta, bahkan ada beberapa burung murai medan yang harganya mencapai ratusan juta.

“Kalau sudah menang kontes harga murai melambung mas. Bisa ratusan juta,” kata H Umadi (63) salah satu pedagang burung di Jalan Nyi Ageng Serang Desa Cangkoak Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon, Minggu (19/10).

Dikatakan dia, beberapa bulan sebelumnya burung kenari memang sempat ramai dipasaran. Hanya saja, mudahnya orang untuk melakukan budidaya burung kenari mengakibatkan harga burung kenari berangsur turun. “Kalau kenari sangat mudah di ternakan, tapi untuk murai sangat sulit dan banyak gagalnya,” uangkap dia.

Setiap harinya, gerai burung milik Umadi ramai di kunjungi pecinta burung kicau. Dari yang sekedar tanya-tanya hingga tak jarang mereka terpikat untuk membeli burung di gerai Umadi yang telah dirintisnya sejak satu tahun silam.

Selain menyediakan beragam jenis burung, gerai tersebut juga menyediakan beragam pakan burung, pakan ayam, dan sangkar burung untuk beragam jenis burung. “Saya jual kenari, cicak ijo, lavebird, jalak suren, anis, nuri, betet, kepudang dan barung kicau lainya mas,” ungkapnya.

Dalam satu bulan, terang dia, mampu menjual burung murai medan 13 ekor dengan rata-rata harga Rp3-4 juta dan belasan burung lainya dengan rata-rata harga Rp1 juta. “Yang beli rata-rata dari wilayah tiga Cirebon bahkan ada anggota DPRD Kab. Cirebon yang menjadi pelanggan tetap mas,” pungkasnya. (CT-115)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed