oleh

Bagaimana Posisi Meditasi yang Baik?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Walau secara umum meditasi dilakukan dalam posisi duduk bersila, tapi sebenarnya meditasi bisa dilakukan dalam berbagai posisi. Bagi orang yang tidak kuat duduk bersila, meditasi juga bisa dilakukan dengan duduk di kursi. Praktisi meditasi dari The Golden Space Indonesia Amrit Gurbani mengatakan, bahwa pastikan posisi tubuh nyaman saat meditasi.

Duduklah dengan tegak dan jangan membungkuk. Tulang belakang merupakan sitem saraf pusat yang menghantar impuls ke seluruh tubuh. Jika tulang belakang tegak, tubuh bisa menghantar impuls lebih baik. Posisikan telapak tangan terbuka dan jangan tegang.  Kemudian, pejamkan mata selama meditasi berlangsung. Saat meditasi, gunakan alunan musik yang pelan.

Posisi duduk tertentu dan mata terpejam dilakukan untuk membuat seseorang lebih fokus dan panca indra tidak terganggu oleh hal lain. Misalnya, mata ditutup agar kita tidak melihat hal yang membuyarkan pikiran. Begitu juga dengan telinga yang diberi alunan musik agar tidak tiba-tiba mendengar kebisingan yang mengganggu.

Lakukan meditasi secara rutin sekitar 10-15 menit. Pada awalnya mungkin kita akan sulit untuk mengarahkan pikiran, tetapi berlatihkan untuk berkonsentrasi dan memperhatikan keluar masuknya napas dan mengistirahatkan pikiran. (Net/CT)

BACA JUGA:   Muslimat NU Kuningan Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed