oleh

Bagaimana Gejala Irama Jantung yang Tidak Normal?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Jangan anggap sepele detak jantung yang tidak beraturan karena bisa jadi tanda penyakit fibrilasi atrium (FA) atau kelainan irama jantung.

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah Yoga Yuniadi mengungkapkan, bahwa ada beberapa contoh irama jantung yang tidak regular. Denyut jantung yang menghilang dalam waktu cukup panjang akan menyebabkan tubuh terasa seperti melayang. Irama yang tidak beraturan juga bisa berupa denyut jantung yang terasa cepat seperti main drum.

Untuk memastikan apakah denyut nadi kita normal atau tidak, bisa dilakukan pemeriksaan denyut nadi dengan menempelkan tiga jari di pergelangan tangan.

Yoga menjelaskan, bahwa jantung berdenyut karena adanya sistem listrik jantung. Namun, ketika listrik jantung muncul dari banyak sumber, denyut pun menjadi tidak beraturan. Banyak faktor risiko munculnya FA. Selain faktor usia, risiko FA juga meningkat karena adanya penyakit kronis.

Gejala FA perlu diperhatikan sejak dini karena dapat meningkatkan risiko stroke. Sayangnya, menurut Yoga banyak orang mengabaikan gangguan irama jantung. Apalagi, kelainan irama jantung bisa hilang dan timbul atau tidak menetap. (Net/CT)

BACA JUGA:   Perwira Polres Majalengka Tingkatkan Kemampuan Menembak

Komentar

News Feed