oleh

Apa yang Bisa Kita Lakukan untuk Menanggulangi Banjir Rob?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk dapat mencegah terjadinya banjir rob. Cara-cara ini dapat dilakukan apabila ada kerjasama yang baik antara warga dan juga pemerintah daerah. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat mengatasi terjadinya banjir adalah sebagai berikut:

Melakukan pemanenan air hujan di daerah atas, pembuatan pompa untuk daerah bawah, dan membendung air laut yang masuk ke daratan. Melakukan konsep water front city, yakni menjadikan air sebagai bagian kehidupan sehari- hari dari amsyarakat. Konsep ini dapat diterapkan di aderah yang mempunyai tingkat penurunan tanah yang tinggi. Konsep ini secara tidak langsung menghendaki masyarakat untuk membuat rumah panggung dengan kondisi sekelilingnya adalah air bersih.

Baca juga: Faktor Penyebab Terjadinya Banjir Rob yang Pernah Ada

Melakukan konseptidal gate, yakni meletakkan pintu air atau pintu pasang surut di daerah muara degan tujuan untuk mencegah air laut yang datan dan masuk ke sungai terlalu besar. Melakukan konsep polder, yakni pembuatan kolam kecil yang digunakan untuk menampung rob. Polder-polder tersebut harus ditata sedemikian rupa dan dilakukan secara terpadu, serta menjadi bagian dari drainase kota.

Sudah di jelaskan sebelumnya bahwa banjir rob dapat menyerang wilayah yang mempunyai permukaan lebih rendah daripada permukaan air laut. Selain itu banjir rob ini kerap terjadi di daerah yang pesisir pantai. Beberapa daerah yang seribgkali terkena banjir rob dan bahkan sudah menjadi agenda tahunan adalah Jakarta Utara dan Semarang. (Net/CT)

BACA JUGA:   Anak Jalanan Diminta Tak Memalak Sopir Angkot

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed