oleh

Air dari Jatigede Bisa Tambah 40 Ribu Pelanggan Baru PAM Tirta Giri Nata

Citrust.id – Direktur Utama (Dirut) PAM Tirta Giri Nata, Sopyan Satari SE MM mengakui, selama ini pihaknya hanya mengandalkan air dari Cipaniis Kabupaten Kuningan.

“Untuk mengurangi persoalan air yang belum selesai, Pemkot Cirebon bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jabar dan pusat, beserta pemda di wilayah III Cirebon untuk program SPAM Cirebon Raya dari waduk Jatigede,” ungkapnya, Rabu (2/9).

Melihat dari kesiapan, Pemkot Cirebon menjadi daerah paling siap. Pria yang akrab disapa Opang itu menyebutkan, karena salahsatunya sudah menyediakan lahan untuk reservoir, yakni di daerah Kepongpongan Kabupaten Cirebon.

“Persyaratan sudah paling siap. Sehingga akan menjadi prioritas program SPAM,” katanya.

Nantinya hanya ada dua kecamatan di Kota Cirebon yang akan dilayani melalui program ini, yakni sebagian Kecamatan Harjamukti dan sebagian Kecamatan Kesambi.

“Kedua kecamatan tersebut dinilai belum maksimal, sehingga diprioritaskan. Untuk Kesambi, hanya sebagian wilayah saja,” ucapnya.

Apabila proyek ini berjalan lancar, kata Opang, maka akan ada 40 ribu pelanggan baru. Karena kapasitas alirannya hingga 500 liter/detik.

“Pengolahan sudah jadi, karena sistemnya kita menerima air curah. Sehingga siap distribusi,” jelasnya.

Opang menegaskan, penganggaran proyek ini full dari pemerintah pusat dan berencana akan bekerjasama dengan pihak swasta.

“Jadi kita hanya menerima jadi dan pengelolaan. Sistemnya kita akan membeli air kepada BUMD Tirta Jabar sebagai pengelola waduk Jatugede,” kata dia. (Aming)

BACA JUGA:   Kemensos RI Rencanakan Penderita TBC Masuk Penerima Bantuan PKH

Komentar

News Feed