oleh

50 Unit Tank Leopard Jerman Pesanan TNI AD Tiba di Indonesia

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat telah menerima 50 unit tank tempur utama (main battle tank) jenis Leopard yang dipesan dari Jerman. Saat ini tank yang telah masuk ke Indonesia itu disimpan di unit Batalyon Kavaleri Kostrad.

Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Mulyono mengatakan, bahwa terdapat 100 unit tank serupa yang belum dikirim ke Indonesia. Menurutnya, sisa tank yang dipesan itu masih dalam proses pengiriman.

Seratus unit tank akan dikirim secara bertahap hingga target rencana strategis tahun 2019 tercapai. Saat ini, TNI AD masih mengkaji lokasi penempatan ratusan tank yang akan datang.

Tank Leopard yang dipesan TNI AD telah dilengkapi amunisi. Perawatan alutsista tersebut masih menjadi tanggung jawab pabrikan Leopard. TNI AD ikut memeliharanya. Namun, jika ada kerusakan atau masalah lain, pihaknya akan menyerahkan kepada pihak penjual.

Upaya pemeliharaan tank Leopard juga melibatkan PT Pindad. Direktur Utama PT Pindad Silmy Karim mengatakan, bahwa perusahaannya selalu bekerjasama dengan TNI AD dalam hal pengadaan alat utama sistem persenjataan atau alutsista. (Net/CT)

BACA JUGA:   Timnas Basket Putri U-17 Training Camp di GMC Arena Cirebon

Komentar

News Feed