oleh

17 Agustus, Film ‘Pantja Sila: Cita-Cita dan Realita’ Siap Tayang!

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Jakarta Media Syndication dan Geppetto Productions mempersembahkan film historikal dokumenter terbaru, berjudul ‘Pantja Sila: Cita-Cita dan Realita’. Film yang digagas oleh aktor Tio Pakusadewo ini siap tayang di bioskop tanah air pada hari kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2016 mendatang.

Tio merangkap sebagai sutradara bersama Tino Saroengallo sekaligus berperan sebagai Presiden Indonesia pertama, Ir Soekarno. Film ini menampilkan pidato Bung Karno di hadapan Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPU-PK) pada 1 Juni 1945 silam.

Saat itu Ir Soekarno untuk pertama kali mencetuskan konsep Pancasila yang kini menjadi dasar negara Republik Indonesia. Pancasila merupakan cita-cita Indonesia, namun tidak terwujud melihat semua realita yang ada setelah berpuluh tahun Indonesia merdeka.

Untuk berperan sebagai Bung Karno, Tio mengatakan, bahwa harus mempelajari teks pidato tersebut selama tiga bulan. Tidak hanya harus memenuhinya dengan emosi, teks tersebut juga dipenuhi dengan lima bahasa asing, yaitu Inggris, Belanda, Cina, Jepang, dan Jerman.

Pengambilan gambar untuk film ‘Pantja Sila: Cita-Cita dan Realitas’ dilakukan hanya dua hari untuk durasi 78 menit. Sebelumnya, Tio mengaku sempat mengajukan pengambilan gambar di lokasi aslinya, di Gedung BPUPKI, namun tidak menemukan waktu yang pas. Sehingga ia dan tim harus merekayasa sebuah studio di daerah Ciputat.

Selain Tio, film ini dibintangi oleh Jantra Suryaman sebagai Ki Bagoes Hadikoesoemo, Wicaksono Wisnu Legowo sebagai R Abikoesno Tjokrosoejoso, Teuku Rifnu Wikana sebagai M Yamin, dan Verdi Soleiman sebagai Liem Koen Hian. (Net/CT)

BACA JUGA:   VIU Ajak Siswa Buat Film Pendek Berkualitas

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed