oleh

JKN-KIS Hilangkan Kekhawatiran Kumi’ah

Citrust.id – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sejak tahun 2014 sangat membantu masyarakat.

Salah satu masyarakat yang terbantu Program JKN-KIS adalah Kumi’ah, 53 tahun, warga Prajawinangun Kulon, Kecamatan Kaliwedi, Kabupaten Cirebon.

Kumi’ah merupakan peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan segmentasi kepesertaan Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya dibayarkan oleh Pemerintah. Kumi’ah merupakan ibu rumah tangga. Suaminya berprofesi sebagai petani.

Sebagai seorang ibu yang memiliki 10 anak, Kumi’ah sangat berterima kasih atas terselenggaranya program JKN-KIS dengan baik. Sebelum adanya program JKN-KIS, ia merasa khawatir dan ketakutan apabila ia atau anggota keluarganya sakit.

Pasalnya, ia kemungkinan mengeluarkan biaya pelayanan kesehatan yang menurutnya cukup besar. Akan tetapi semenjak terdaftar menjadi peserta JKN-KIS, Kumi’ah merasa terbantu.

Kumi’ah ataupun anggota keluarganya jika sakit ringan terbiasa menggunakan manfaat Kartu JKN-KIS untuk berobat di Puskesmas Kaliwedi tempat ia terdaftar.

Ketika ditemui saat menemani anaknya yang ke-10 yang dirawat di Rumah Sakit Sumber Waras, Kabupaten Cirebon, dikarenakan sakit lambung yang dialami anaknya, Kumi’ah mengucapkan rasa syukur.

“Anak saya sakit lambung. Sudah dirawat lebih dari seminggu. Alhamdulillah, semuanya gratis. Seluruh biaya perawatan, termasuk obat, ditanggung BPJS Kesehatan. Dokter dan perawatnya baik-baik. Mudah-mudahan anak saya cepat sembuh,” ujarnya, Kamis(25/4/2019).

Kumi’ah berharap, Program JKN-KIS dapat terus berlangsung. Program JKN-KIS sangat membantu masyarakat, terutama masyarakat menengah ke bawah, untuk dapat memperoleh pelayanan Kesehatan yang diperlukan.

Kumi’ah tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi apabila Program JKN-KIS tidak ada. Ia berpesan kepada masyarakat yang belum terdaftar agar segera mendaftarkan diri dan anggota keluarganya dalam kepesertaan Program JKN-KIS.

“Saya berterimakasih kepada pemerintah dan BPJS Kesehatan, Terimakasih JKN-KIS,” pungkasnya. /haris

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed