Citrust.id – Tingkat kepuasan peserta program Jaminan Kesehatan Nasional terus mengalami peningkatan, termasuk kepuasan terhadap fasilitas kesehatan.
Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi, mengutarakan, indeks kepuasan peserta JKN sejak tahun 2014 hingga 2019 terus meningkat.
“Pada tahun 2014, tingkat kepuasan peserta sebesar 75 persen, pada 2018 meningkat 79,7 persen, dan pada tahun 2019 melonjak menjadi 85 persen,” papar Tulus pada Media Workshop dan Anugerah Lomba Karya Jurnalistik 2020, Jumat (23/10).
Hasil survei tersebut sejalan dengan indeks kepuasan terhadap fasilitas kesehatan (faskes) yang juga meningkat. Pada tahun 2018, tingkat kepuasan terhadap faskes sebesar 75,8 persen. Tahun berikutnya atau 2019 meningkat menjadi 80 persen.
Dikatakan Tulus, indeks kepuasan di faskes harus menjadi perhatian khusus. Faskes harus konsisten menjaga pelayanan sesuai standar. Tidak ada alasan menurunkan pelayanan. Bahkan, standar pelayanan harus plus guna mengantisipasi pandemi Covid-19.
“Pelayanan berbasis digital harus dioptimalkan untuk mengurangi kontak langsung dengan pasien/calon pasien. Berbasis pelayanan digital tersebut, faskes juga bisa mengoptimalkan pelayanan preventif promotif,” ujarnya. (Haris)