oleh

Wisata City Tour Diprediksi Bakal Jadi Andalan Hadapi Wacana Cirebon Metropolitan

CIREBON (CT) – Gambaran Cirebon Metropolitan nampaknya semakin jelas arahnya. Setidaknya dalam dunia pariwisata, Kota Cirebon yang digadang menjadi pusat Metropolitan, diprediksi bakal mengandalkan paket wisata city tour (wisata keliling kota) dalam pengembangannya.

Hal tersebut bisa dilihat saat salah satu keraton yang ada di Kota Cirebon, mulai mensosialisasikan wisata city tour dalam perhelatan Festival Pesona Bahari Cirebon yang rencananya akan digelar 1-3 April mendatang.

Dalam perhelatan yang rencananya bakal memamerkan banyak potensi bahari dari Cirebon tersebut, bakal menggandeng sekitar 30 travel agent guna dibuatkan paket wisata city tour untuk para wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang diprediksi bakal membeludak nanti.

“Nanti bakal kita perkenalkan paket wisata city tour bekerjasama dengan 30 travel agent, nanti para wisatawan akan diajak keliling potensi wisata yang ada di kota ini,” tutur Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat SE kepada CT, Senin (22/02).

Sebelumnya, disebutkan Kepala Bidang Fisik dan Lingkungan, Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cirebon, Arif Kurniawan, wisata city tour dengan konsep pengenalan budaya bakal lebih dieksplorasi dalam pembangunan Cirebon Metropolitan.

“Konsep Cirebon Metropolitan sendiri itu kan mengusung tema budaya, maka, kita akan kembangkan sistem wista city tour bekerjasama dengan travel agent,” tutur Arif beberapa waktu lalu.

Sekedar informasi, Kota Cirebon, beserta Kabupaten Cirebon, Majalengka, Indramayu, dan Kuningan digaungkan Pemprov Jawa Barat untuk menjadi kawasan metropolitan yang akan disebut sebagai Cirebon Raya.

Cirebon Raya direncanakan Pemprov Jabar untuk menjadi kawasan metropolitan bersama dua wilayah lainnya. Selain Cirebon Raya yang direncanakan pembangunannya berbasis budaya, Pemprov Jabar juga rencananya akan membangun kawasan metropolitan di wilayah Depok, Bogor, Bekasi, Karawang dan Purwarkarta (Debobekkarpur) yang berbasis industri.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dishub Kota Cirebon Kaji Lalu Lintas

Serta, Pemprov Jabar juga berencana akan membangun kawasan metropolitan di Bandung Raya yang melingkupi kawasan Bandung seperti Kota Bandung, Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek). (Wilda)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed