oleh

Waspada! Lumpur Sisa Banjir Bersifat Asam

Ilustrasi: shutterstock

Cirebontrust.com – Sifat asam pada lumpur dan air banjir membuat kulit ari (mukosa) manusia mudah menjadi lunak. Akibatnya, apabila terbentur atau tergores, kulit mudah terluka dibandingkan pada kondisi normal. Kulit yang terluka membuat virus, bakteri, atau parasit lain dalam lumpur mudah masuk tubuh, termasuk bakteri leptospira yang menyebabkan leptospirosis.

Dilansir dari KompasHealth, Kamis (16/2/2017), menurut Budi Haryanto, Ketua Pengembangan Ilmu-ilmu Kesehatan Lingkungan, Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, mengatakan, untuk menghindari menempelnya berbagai mikroba pembawa penyakit pada lantai, penggunaan desinfektan atau cairan pembersih lantai sangat dianjurkan. Namun, harus dijaga agar lantai segera dikeringkan.

Sifat korosif pada lumpur dan air hujan membuat mudah menguraikan zat-zat yang bersifat adhesif, seperti aspal atau semen yang mengikat pasir dan kerikil. Kondisi ini membuat jalan aspal ataupun benda-benda berlapis semen mudah rusak saat terkena air hujan dan banjir.

BACA JUGA:   Di Tengah Pandemi Covid-19, Serdik Sespimmen Santuni Anak Yatim dan Duafa

Komentar

News Feed