oleh

Wali Kota Cirebon Ajak Masyarakat Perkuat Karakter Kompetitif dan Kreatif

Citrust.id – Upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Wali Kota Cirebon, Nahsrudin Azis, ajak masyarakat perkuat karakter kompetitif dan kreatif.

Upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kota Cirebon di Stadion Bima Madya, Cirebon Rabu (17/8/2022), berlangsung khidmat. Dalam upacara tersebut, Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam pidatonya, Azis menjelaskan terkait tema peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”. Tema itu berhubungan dengan tantangan yang negara ini hadapi selama dua tahun ke belakang.

Berangkat dari tantangan tersebut, sambung Azis, pemerintah dan masyarakat selanjutnya harus berkenan untuk bekerja sama dalam mempercepat pemulihan kondisi di semua sektor, guna menghadapi tantangan global.

Pemulihan kondisi sosial dan perekonomian adalah agenda utama kita saat ini,” ujar Nashrudin Azis.

Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon meyakini, pandemi Covid-19 telah memacu untuk semua pihak berubah dan mengembangkan cara-cara baru. Di samping itu, meninggalkan kebiasaan lama yang tidak relevan dan menerobos ketidakmungkinan.

Di tengah dunia yang penuh tantangan sekarang ini, Pemkot Cirebon akan terus menjadi pelopor untuk mempromosikan karakter berani untuk berubah, berani untuk mengubah, dan berani untuk mengkreasikan hal-hal bar tuturnya.

“Karakter itulah yang akan menjadi pondasi untuk membangun Indonesia Maju,” ucap Nahsrudin Azis.

Menurut Azis, semua pihak harus berusaha bermigrasi ke cara-cara baru pada era Revolusi Industri 4.0 ini. Agar segala program, kegiatan, dan pembangunan di Kota Cirebon dapat terselenggara secara lebih efektif, efisien, dan lebih produktif. Oleh karena itu, Wali Kota Cirebon ajak seluruh masyarakat untuk lebih kompetitif dan kreatif.

“Oleh sebab itu, dari mimbar ini, saya ingin mengajak seluruh elemen yang ada di Kota Cirebon untuk memperkuat karakter kompetitif dan karakter inovatif,” katanya.

Azis menjelaskan, karakter kompetitif berkaitan dengan mentalitas dan watak yang mendorong adanya semangat belajar yang tinggi. Karakter kompetitif ini selanjutnya akan mendorong adanya upaya perbaikan secara terus menerus dan bertahap ketika menghadapi persaingan yang semakin berat.

“Dengan karakter kompetitif inilah suatu bangsa dapat mempertahankan eksistensinya sebagai bangsa yang merdeka,” kata Azis.

Karakter inovatif adalah watak dan mentalitas yang selanjutnya selalu mendorong untuk melakukan inovasi-inovasi baru pada berbagai hal. Pada hakikatnya, inovasi hanya dapat tercipta melalui serangkaian proses belajar secara kolektif.

“Mentalitas inovasi tidak lepas dari proses belajar, termasuk belajar dari kesalahan dan kegagalan masa lalu,” ujarnya.

Azis berharap, Kota Cirebon dengan seluruh potensinya akan menjadi instrumen bangsa yang senantiasa mengedepankan dua karakter tersebut.

“Di samping itu, berkontribusi aktif bagi berbagai upaya mengisi kemerdekaan dengan sederet kemajuan bagi bangsa dan negara,” terangnya.

Semangat Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat yang menjadi semboyan Bulan Kemerdekaan pada tahun ini, hanya bisa diraih dengan sikap terbuka dan siap berubah menghadapi dunia yang penuh tantangan, serta saling bergandeng tangan dalam satu tujuan.

“Kita harus bersama-sama bekerja untuk memulihkan kembali yang sempat porak-poranda menuju kebangkitan baru untuk menggapai cita-cita bangsa,” katanya. (Haris)

 

Komentar