oleh

Unik! Bakteri Bisa Dibuat Menjadi Karya Seni

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Bakteri memang sering di identikan dengan hewan sangat kecil yang menyebabkan kesehatan terganggu. Sebuah mikroorganisme bersel satu prokariotik yang hidup bebas dan dapat ditemukan di beberapa lingkungan seperti udara, tanah, debu, air, serta hidup di dalam tubuh hewan, tumbuhan, atau manusia.

Meskipun ukurannya yang sangat kecil dan tidak bisa dilihat tanpa bantuan mikroskop, ternyata bakteri merupakan organisme terbanyak dan paling berkelimpahan dari semua organisme yang ada di muka bumi dan bisa juga bernilai seni. Bakteri bisa dibuat menjadi bentuk-bentuk yang menarik dan memiliki nilai artistik seperti lukisan dan pemandangan.

Seperti tampak pada gambar ornamen bunga di atas, koloni mikroorganisme yang hidup di usus kita begitu banyak dan beragam. Pembuat karya ini membayangkan keadaan di sana seperti kebun dan supaya tetap ada kaitannya dengan usus, karya ini membuat bakteri usus ke dalam bentuk menyerupai bunga.

Ada beberapa bakteri yang dimasukkan dalam karya ini. Yang warnanya ungu pucat adalah Escherichia coli, yang biru muda adalah Citrobacter koseri, sementara yang biru tua adalah Klebsiella pneumoniae. (Net/CT)

Komentar