oleh

Tips Memilih Sayur dan Buah Segar Layak Konsumsi

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Buah-buahan memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun kita perlu berhati-hati dan selektif memilih buah-buahan. Karena zaman sekarang banyak para pedagang yang melakukan kecurangan untuk memiliki keuntungan besar dengan modal sedikit. Alih-alih ingin sehat karena mengonsumsi buah dan sayur, justru penyakit yang didapat. Untuk itu, begini cara memilih buah dan sayur yang baik.

  1. Pilihlah buah yang berwarna cukup cerah. Buah-buahan yang masih segar akan memiliki warna yang lebih cerah dibandingkan dengan yang sudah mulai membusuk. Jika warnanya sudah berubah menjadi agak kusam, kurang cerah (berubah dari warna sebelumnya) lebih baik tidak dipilih.
  2. Pilihlah buah yang kulitnya masih bagus. Kulit buah yang masih bagus merupakan tanda bahwa buah-buahan tersebut masih segar. Dan buah-buahan yang kulitnya sudah lembek, keriput atau rusak maka buah itu sudah lama atau mungkin dapat dipastikan buah tersebut sudah busuk. Jadi pilihlah buah yang measih memiliki kulit bagus dan berwarna cerah.
  3. Pilihlah buah yang masih utuh. Misalnya membeli buah apel, maka carilah yang teksturnya memang masih seperti buah apel dan sebagaimana ciri-ciri buah apel yang masih segar mereka memiliki daging yang sedikit keras. Tapi jika buah apelnya sudah lembek maka lebih baik tidak membelinya.
  4. Pilihlah buah yang beraroma segar. Sebelum membeli, silakan mencium bagaimana aromanya untuk memastikan bahwa buah tersdebut masih dalam keadaan baik atau tidak. (Net/CT)
BACA JUGA:   Kejari Kota Cirebon Ajukan Pembangunan Gedung Baru

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed