oleh

Tips Ban yang Cocok untuk Musim Hujan

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Ban merupakan komponen kendaraan yang paling penting sebagai tumpuan untuk melaju. Namun, tidak jarang banyak kecelakaan terjadi karena faktor kondisi ban yang tidak standar. Untuk keamanan dan kenyemanan berkendara saat musim hujan, sebaiknya pilih ban yang memiliki grip atau daya cengkram yang tetap baik, meski pun dalam kondisi basah maupun kering.

Atau, pilih tipe yang kembang sejajar. Gunakan kembangan satu arah untuk digunakan pada saat musim hujan. Tipe kembangan dapat memecah genangan air yang ada di jalan tetapi selerasikan dengan tekanan ban juga. Gunakan ban dengan kompon medium. Di Indonesia mengusung tiga kompon ban diantaranya adalah soft kompon, medium kompon, dan hard kompon. Jika anda membutukan ban untuk musih hujan, sebaiknya gunakan ban dengan medium kompon, karena dengan menggunakan medium kompon ban mampu menggigit aspal yang basah dan licin akibat hujan dengan lebih baik.

Gunakan ban yang berstandar internasional. Ban dengan standart internasional akan lebih aman ketika anda sedang berkendara pada saat hujan datang. Karena ban sudah berstandar internasional bisa dipastikan bahwa ban yang digunakan sangatlah aman dan sudah melewati beberapa ujian yang tidak mudah namun sangat tepat untuk keamanan. Ada beberapa macam standar ban internasional seperti contoh kecilnya DOT untuk Amerika, ECE untuk Eropa, GULF untuk timur tengah dan masih banyak yang lainnya. (Net/CT)

BACA JUGA:   UGJ Adakan Konferensi Internasional ASSETH 2019

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed