oleh

Tingkatkan Kemampuan Siswa SMK, Disdik Jabar Gelar Lomba Kompetensi di Cirebon

Cirebontrust.com – Untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Jawa Barat, Dinas Pendidikan Jabar menggelar Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK se-Jawa Barat Tahun 2017 mulai 17-19 Oktober 2017 di Kabupaten dan Kota Cirebon. Kegiatan itu dibuka Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Ahmad Hadadi, Selasa (17/10).

Kepala Balai Pelayanan, dan Pengawasan Pendidikan (BP3) Wilayah V Disdik Jabar, Dewi Nurhulaela, menjelaskan, LKS SMK se-Jabar 2017 diikuti 500 peserta dan melibatkan 77 juri. Kegiatan tersebut dilaksanakan di enam SMK yang ada di Kabupaten dan Kota, yakni SMKN 1 Mundu, SMKN1 Kedawung, SMK Farmasi Muhammadiyah Kabupaten Cirebon , SMKN 1 Kota Cirebon, SMKN 2 Kota Cirebon, dan SMK Wahidin.

Terdapat 25 mata lomba dari 53 mata lomba yang akan diselenggarakan di tingkat nasional pada tahun 2018. Sedangkan 28 mata lomba lainnya akan diselenggarakan di awal tahun 2018. Ke-25 mata lomba itu terbagi dalam tujuh bidang keahlian, yakni teknologi dan rekayasa, teknologi informasi dan komunikasi, seni industri kreatif, pariwisata, bisnis dan manajemen, kemaritiman serta agrobisnis dan teknologi.

Diungkapkan Dewi, LKS SMK se-Jabar 2017 bertujuan mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK terbaik di setiap kota/kabupaten se-Jabart dan mendorong produktivitas siswa SMK untuk mampu bekerja secara optimal dan menghasilkan produk inovatif.

Selain itu, kata Dewi, melalui kegiatan tersebut dapat diketahui peta kualitas dan kemampuan SMK di Jabar, mempromosikan performa kerja siswa SMK dalam mendukung perekonomian Jabar, dan memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa SMK untuk memiliki jiwa kompetitif dan kolaboratif secara positif.

LKS SMK se-Jabar 2017 memacu setiap SMK untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajarannya sesuai tuntutan dan kebutuhan dunia kerja, meningkatkan kerjasama yang lebih erat antara lembaga pendidikan dengan dunia usaha, industri dan asosiasi profesi.

BACA JUGA:   Kecamatan Malausma Juara Umum MTQ Majalengka

Tak hanya itu, LKS SMK se-Jabar 2017 juga bertujuan memupuk persahabatan dan kerjasama regional dalam membangun pendidikan menengah kejuruan serta eningkatkan wahana pengembangan dan pengakuan keunggulan kerjabagi siswa SMK yang memiliki kompetensi sesuai tuntutan dunia kerja.

Dewi menambahkan, kesuksesan kegiatan tersebut tidak terlepas dari peran juri yang akan menilai dan memilih siswa terbaik. Untuk itu, dirinya berpesan agar para juri dapat bersikap adil dan jujur.

“Pilihlah yang terbaik demi Jawa Barat kahiji,” pungkasnya. (Haris)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed