oleh

Timnas Basket Putri U-17 Training Camp di GMC Arena Cirebon

Citrust.id – Tim nasional basket putri U-17 mengadakan pemusatan latihan selama enam hari, 19-24 November, di GMC Arena, Kesambi, Kota Cirebon.

Pelatih timnas basket putri U-17 adalah Njoo Lie Fan, peraih juara kompetisi basket tertinggi Indonesia era Kobatama. Ia juga langganan timnas basket Indonesia.

Njoo Lie Wen, dari Badan Tim Nasional (BTN) Basket Putri Junior, menjelaskan, para pemain timnas basket putri U-17 itu berlatih intensif di GMC Arena sebagai persiapan untuk mengikuti sejumlah turnamen basket internasional.

“Minggu depan, mereka mengikuti invitasi basket segi empat antarnegara di Serpong, Banten. Invitasi itu akan diikuti Malaysia dan Singapura serta timnas basket U-16 dan U-17 putri Indonesia,” ujarnya.

Dikatakan Njoo Lie Wen, dikarenakan waktu tergolong mepet, pihaknya akan memaksimalkan waktu yang ada. Mereka punya waktu enam hari atau sampai Sabtu (24/11) adakan training camp di GMC Arena, Cirebon. Selang sehari atau Senin (26/11), tim sudah bertanding di Serpong.

Njoo Lie Wen mengutarakan, invitasi basket antarnegara itu sebagai pemanasan menghadapi Kejuaraan basket FIBA U-18 yang digelar tahun depan.

Tahun depan, para pemain U-17 sudah masuk kategori KU-18. Salah satu tantangannya adalah mereka minimal bisa mempertahankan posisi atau level 1 FIBA. Saat ini, timnas basket putri U-18 Indonesia sudah masuk level 1 FIBA.

“Training camp maupun ikuti berbagai kejuaraan basket merupakan salah satu bentuk pembinaan terhadap timnas basket usia muda,” jelas Njoo Lie Wen, yang beberapa waktu lalu meraih penghargaan dari PP Perbasi sebagai tokoh yang berdedikasi tinggi untuk basket Indonesia.

PP Perbasi kerap mempercayakan GMC Arena sebagai tempat berlangsungnya turnamen atau kompetasi basket nasional. Belum lagi, kejuaraan basket lokal maupun regional. Bahkan, seleknas maupun training camp timnas basket Indonesia pun beberapa kali diadakan di GMC Arena.

BACA JUGA:   Buru Narkoba, Polres Cirebon Kota Razia Indekos dan Tempat Hiburan

Menanggapi hal tersebut, Njoo Lie Wen mengungkapkan, kepercayaan Perbasi Pusat terhadap GMC Arena hendaknya dimanfatakan dengan baik, terutama para pelatih.

“Ini adalah kesempatan bagi pelatih untuk melihat secara langsung training camp maupun seleknas. Mereka bisa belajar dari itu,” ujarnya.

Njoo Lie Wen menambahkan, event terdekat yang akan digelar di GMC Arena adalah Youth Basketball Association (YBA). Kejuaraan basket tingkat nasional itu akan diadaka pada bulan depan atau Desember.

Rencananya, YBA akan diikuti 27 klub basket dari berbagai daerah di Indonesia. Kategorinya mulai KU-10, KU-12, KU-14, KU-16 hingga KU-18. Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, YBA bulan depan rencananya akan diikuti klub basket dari Malaysia

“Diharapkan ke depan banyak tim atau klub basket, termasuk dari luar negeri, yang bertanding di GMC Arena. Selain mengasah skill pebasket Cirebon juga untuk mempromosikan pariwisata Kota Cirebon,” pungkas Njoo Lie Wen. (Haris)

Komentar

News Feed