oleh

Tim Ahli Cagar Budaya akan Terjun ke Alun-alun Kejaksan, Dalami Informasi Temuan Benda Kuno

Citrust.id – Perhatian terhadap revitalisasi Alun-alun Kejaksan Kota Cirebon, terus mengalir. Hal tersebut berkaitan dengan temuan beberapa benda kuno oleh kontraktor proyek tersebut, PT Inti Cipta Sejati.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kepemudaan Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon, Edi Tohidi mengakui sudah mendengar adanya temuan di revitalisasi Alun-alun Kejaksan. Namun, ia belum sempat untuk melakukan peninjauan, karena harus berkoordinasi dahulu dengan tim ahli cagar budaya.

“Sudah dengar (informasi penemuan di alun-alun), tapi tim ahli dan Perda yang mengatur cagar budaya di Kota Cirebon ini belum terbentuk. Sehingga jika ingin turun ke lapangan pun, harus melibatkan tim ahli dari Jawa Barat,” katanya.

Selama waktu koordinasi berjalan, lanjut Edi, tim dari DKOKP akan berencana turun ke area proyek alun-alun Kejaksan, sebagai langkah permulaan untuk dilakukan penyelidikan.

“Kita sudah merencanakan turun dengan tim ahli cagar budaya, itu untuk meneliti dan menentukan titik mana saja dan benda yang masuk cagar budaya,” tuturnya.

Perihal sejarah Alun-alun Kejaksan, Edi mengaku mengetahui secara rinci, karena di Kota Cirebon banyak yang lebih memahami dan ahli.

“Saya hanya menjabat di bidang kebudayaan, persoalan sejarah sebaiknya ditanyakan kepada yang lebih ahli. Saya khawatir salah jika menjelaskannya,” kata Edi. (Aming)

BACA JUGA:   Prodia Berkomitmen Putus Mata Rantai Thalassemia

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed