Telkomsel Gelar Lokakarya Roadshow 3rd Digital Creative Entrepreneurs

Citrust.id – Guna mendorong akselerasi transformasi digital di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) Indonesia, Telkomsel kembali gelar program lokakarya roadshow 3rd Digital Creative Entrepreneurs (DCE) di Co & Co Bandung.

Pelaksanaan tahun ketiga program DCE mengusung tema “Upgrade to Accelerate”, menunjukkan fokus Telkomsel terhadap peningkatan kapasitas dan kapabilitas digital UKM.

Sebagai Small Medium Enterprise (SME) impact accelerator, program DCE merupakan upaya penciptaan dampak sosial dalam proses bisnis berkelanjutan Telkomsel, yang mengimplementasikan prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG).

Vice President Area Account Management Telkomsel, Samuel Pasaribu menjelaskan, “Digital Creative Entrepreneurs (DCE) tahun ketiga merupakan program lanjutan Corporate Social Responsibility Telkomsel.

Tujuannya untuk mengembangkan UKM agar bisa lebih go digital serta dipersiapkan untuk memperkuat kreativitas, kapabilitas dan kompetensi dari para pelaku UKM di Indonesia.

Telkomsel juga mendukung penuh para pelaku pengusaha lokal UKM untuk semakin berkembang melalui layanan yang dimiliki.

“Di antaranya pembukuan digital untuk membantu laporan keuangan dan mempermudah permodalan, serta solusi pemasaran secara digital, yaitu MyAds, untuk memaksimalkan promosi, koperasi digital untuk para UKM. Selain itu, kami memiliki pembelajaran digital untuk pengembangan bisnis dari Kuncie,” jelasnya.

Mengedepankan semangat kolaborasi, Telkomsel meningkatkan program DCE tahun ini dengan kurikulum yang dikembangkan khusus untuk akselerasi pertumbuhan skala usaha UKM.

Membuka peluang proposal kolaborasi dengan ekosistem digital Telkomsel, penyelenggaraan kelas intensif bersama mentor dan ahli secara offline, keterlibatan komunitas-komunitas pendukung UKM seperti Rumah BUMN, inkubator bisnis kampus, dan komunitas kreatif lokal, serta peningkatan peran alumni sebagai pendamping mentor.

Telkomsel membuka pendaftaran program DCE hingga 27 Februari 2024 bagi UKM dari empat kategori Accelerate SME Tracks, yaitu F&B, Fashion, Craft, dan Personal Care.

Untuk mengikuti program DCE itu, pelaku UKM dapat mengunjungi media sosial instagram @dce_id atau situs www.dce.co.id untuk kemudian mendaftarkan data diri beserta profil bisnis secara lengkap.

Adapun persyaratannya antara lain, Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki bisnis, bukan reseller atau dropshipper maupun sejenisnya. Dalam pelaksanaannya DCE akan memberikan beberapa tahapan di mana peserta akan mendapatkan kurikulum. Titik beratnya pada pengembangan digital aset seperti sosial media optimizing, visual konten foto video product, copywriting untuk konten di digital, SEO optimization, dan E-commerce optimization.

Program DCE juga membuka peluang melalui pemanfaatan ekosistem aset dan infrastruktur Telkomsel, seperti platform 99 persen Usahaku untuk menunjang pertumbuhan bisnis dan manajemen keuangan.

MyAds sebagai solusi periklanan dan promosi digital UKM, Kuncie yang dapat mengembangkan keahlian bisnis melalui edukasi digital, MAXstream sebagai online venue untuk menghelat aktivitas virtual, dan Kantor Telkomsel Area sebagai penghimpun UKM calon peserta potensial.

Pada akhir program, DCE akan menghadirkan sebuah pameran virtual sekaligus secara offline untuk mengangkat para UKM binaan dan produk-produk unggulan mereka.

Penyelenggaraan DCE menjadi salah satu wujud komitmen Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler dalam membuka peluang mendorong kemajuan dan akselerasi transformasi digital untuk pertumbuhan UKM Indonesia.

“Selain itu, menciptakan dampak nyata terhadap pemberdayaan UKM dengan mencetak smart digitalpreneur yang cakap dan terampil dalam memanfaatkan perkembangan teknologi digital serta para pelaku UKM juga dapat memamerkan produk-produk ke kancah yang lebih luas ini melalui DCE.” pungkas Samuel. (Haris)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *