oleh

Takut Petir? Begini Cara Menghindarinya

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Petir, seperti yang kita ketahui begitu mengagetkan ketika tiba-tiba memancarkan cahaya berbarengan dengan turunnya hujan. Kilatan listrik di udara ini kemudian diikuti dengan suara gemuruh, itu terjadi karena pertemuan dua awan yang bermuatan arus positif dan negatif. Petir sangat berbahaya jika menyambar kita. Bukan hanya dapat mematikan, petir juga dapat merusak peralatan elektronik jika terkena sambarannya. Berikut adalah beberapa cara menghindari sambaran petir:

  1. Saat di luar ruangan, jangan berteduh di tanah lapang. Karena petir mencari tanah luas untuk mengeluarkan energinya. Jauhi tiang atau menara yang tinggi dan mudah tersambar petir. Hindarilah berlindung di bawah pohon karena ini sangat berbahaya. Karena jika pohon tersebut tersambar petir, energi petir tersebut akan lompat ke tubuh. Jika saat terdengar petir yang menggelegar anda masih berada di air, misal kolam renang atau sungai, segerlah keluar. Air akan menjadi sasaran petir untuk melepaskan energi.
  2. Saat di dalam ruangan, matikan listrik ataupun barang elektronik yang masih tersalur ke listrik. Hal ini dilakukan untuk menghindari sambaran petir. Tutup semua pintu taupun jendela dan menjauhlah dari lokasi tersebut. Gunakan alas kaki berbahan karet serta memakai pakaian yang kering agar terhindar dari sambaran petir. Hindari berinteraksi dengan benda-benda yang terbuat dari logam dan kayu karena sangat berbahaya. (Net/CT)
BACA JUGA:   Jelang Pelantikan Presiden, Aparat Keamanan dan Pemkab Majalengka Doa Bersama

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed