oleh

Siap-siap Penerimaan CPNS, Pemkot Cirebon Sudah Usulkan 600 Kuota

Citrust.id – Pemerintah pusat melalui Badan Kepegawaian Nasional (BKN) berencana akan menggelar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) pada Oktober 2019 mendatang.

Tidak hanya di tingkat pusat, setiap pemerintah daerah di seluruh Indonesia juga mengusulkan formasi CPNS yang dibutuhkan. Termasuk Pemerintah Kota Cirebon.

Kepala Bidang Administrasi Kepegawaian ASN Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Cirebon, Sri Laksmi menjelaskan, Pemkot Cirebon sudah mengirimkan usulan kuota dan formasi CPNS yang dibutuhkan ke Kemenpan RB.

“Kita sudah kirim usulannya Juli lalu, dengan kebutuhan 600 orang dengan beragam formasi yang dibutuhkan,” katanya.

Sedangkan untuk jenis formasi, lanjut Sri Laksmi, ada beberapa sektor yang diusulkan, seperti tenaga kesehatan, tenaga pendidikan dan tenaga teknis. Khusus tenaga teknis, terdiri dari bagian ketahanan pangan, keamanan dan ketertiban, reformasi birokrasi, dan lainnya.

“Rinciannya ada, misalnya untuk tenaga pendidikan itu diisi guru kelas dan mata pelajaran. Sedangkan tenaga kesehatan diisi dokter umum dan spesialis,” jelasnya.

Lebih lanjut, pada pembukaan CPNS 2019 juga memiliki syarat kualifikasi pendidikan, yakni pendidikan D3 dan S1. Pendaftar berusia 18-35 tahun, lulus dari perguruan tinggi yang terakreditasi oleh BAN PT. Setiap pendaftar hanya boleh mendaftar satu jenis jabatan dan satu instansi.

“Syarat pendidikan relatif sama dengan pendaftaran CPNS pada akhir tahun lalu. Tapi bisa saja ada tambahan, karena setiap instansi memiliki kewenangan dan ketentuan yang berbeda,” katanya.

Sekretaris BKPPD Kota Cirebon, Ninin Kartini mengakui, terkait waktu pelaksaan pembukaan CPNS 2019 ini belum pasti. Informasi yang berkembang akan dibuka pada Oktober mendatang. Namun pemerintah daerah belum ada yang menerima surat edaran terkait teknis pelaksanaan. Termasuk sistem seleksi yang akan digunakan.

BACA JUGA:   Anak Kampung Mbaca Antusias Belajar Alat Musik Tradisional

“Kita belum menerima kabar pasti pelaksanannya, karena kita juga belum menerima surat edaran petunjuk pelaksanaan. Termasuk sistem seleksi, dari beberapa tahapan kabarnya akan ada perubahan teknis, baik seleksi administrasi maupun CAT kompetensi dasar dan bidang,” ungkap Ninin.

Ninin juga berharap, usulan kuota CPNS yang dikirim bisa dikabulkan. Meskipun Kemenpan RB dan BKN turut menghitung beban keuangan daerah untuk menentukan kuota CPNS yang diberikan. (Aming)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed