oleh

Sayur dan Buah yang Baik untuk Kesehatan Jantung

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Tahukah Anda bahwa orang yang makan lima porsi buah dan sayuran per hari memiliki risiko 20 persen lebih rendah terkena stroke dan penyakit jantung koroner daripada orang yang makan kurang dari tiga porsi buah dan sayur? Buah-buahan dan sayuran mengandung antioksidan yang tinggi sangat baik dalam melawan radikal bebas.

Buah jeruk termasuk jeruk, lemon dan limau. Buah ini mengandung flavonoid dan karotenoid yang melindungi terhadap stres oksidatif dan penurunan peradangan dalam tubuh, sehingga mencegah penyakit kardiovaskular. Sebuah studi 2011 di “Journal of Epidemiology” menemukan bahwa sering asupan buah jeruk dikaitkan dengan insiden lebih rendah dari penyakit jantung.

Sayuran termasuk brokoli, kembang kol, kubis, kubis Brussel, bok choy dan kale. Brokoli kaya akan vitamin B, seperti folat, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Kubis mengandung kalsium, yang penting karena asupan kalsium yang cukup dapat menurunkan tekanan darah. Sebuah studi 2011 di “American Journal of Clinical Nutrition” menemukan bahwa asupan tinggi sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko kematian yang berhubungan dengan penyakit kardiovaskular. (Net/CT)

BACA JUGA:   Polres Majalengka Musnahkan 465 Gram Sabu

Komentar

News Feed