oleh

Sampaikan Terima Kasih, Ipah Berharap Program JKN-KIS Semakin Baik

Citrust.id – Ipah Maspupah merupakan Peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang iurannya dibayarkan oleh negara. Dalam kesehariannya, ibu rumah tangga yang memiliki tiga orang anak itu mengaku hidup serba berkecukupan. Ia merasa sangat bersyukur akan hadirnya Program JKN-KIS yang telah hadir sejak tahun 2014. Terlebih lagi program itu telah secara langsung ia rasakan manfaatnya.

Ditemui ketika sedang mengantarkan Ibu kandungnya ke Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) di Indramayu, Ipah bercerita bahwa hampir setiap bulan, ia mengantarkan ibunya tersebut untuk berobat sakit darah tinggi serta komplikasi penyakit lainnya.

Beberapa sakit yang diderita oleh ibunya tersebut, telah dirasakan sejak beberapa tahun belakangan ini. Ipah Maspupah bersyukur karena adanya Program JKN-KIS, ia dan Ibunya tak khawatir akan biaya pelayanan kesehatan yang mungkin dikeluarkan untuk pengobatan sakit ibunya tersebut.

“Alhamdulillah ada JKN-KIS ini banyak membantu. Orang tua Ibu kalau berobat pasti pakai JKN-KIS,” ungkap Ipah, Kamis (27/8).

Diakuinya olehnya bahwa kondisi kesehatan ibunya tersebut terkadang tidaklah stabil. Meskipun terbiasa berjalan kaki bolak-balik ke rumahnya yang berbeda RT, ibunya tidak pernah mengeluhkan apa-apa jika dalam kondisi sehat. Namun apabila sedang dalam kondisi tidak fit, jangankan untuk berjalan, untuk berdiri pun seringkali ibunya mengalami kesusahan.

“Untung sih ada JKN-KIS, kalau enggak ada bingung pasti. Orang tua Ibu pensiunan. Ibu dan keluarga juga penghasilannya cukup untuk makan sehari-hari aja. Ada JKN-KIS ini sangat membantu,” ucap Ipah.

Dalam kesempatan tersebut, Ipah juga menyampaikan bahwa suaminya juga pernah memanfaatkan Kartu JKN-KIS untuk berobat di fasilitas kesehatan. Hal tidak terlupakan yang paling ia ingat ketika menggunakan Kartu JKN-KIS yaitu ketika suaminya diharuskan dirawat beberapa hari di rumah sakit akibat sakit gangguan fungsi hati. Seluruh biaya pengobatan serta perawatan suaminya tersebut saat itu ditanggung sepenuhnya oleh JKN-KIS.

BACA JUGA:   Pemkot Cirebon dan Polres Ciko Bakal Saling Hibah Lahan 

“Bersyukur banget suami Ibu sakit dilayani dengan baik sama dokter dan perawatnya. Alhamdulillah Ibu berterimakasih kepada pemerintah karena program ini ngebantu banyak orang, termasuk Ibu dan keluarga. Mudah-mudahan setiap tahun JKN-KIS ini semakin baik pelayanannya,” tandas Ipah. (Haris)

Komentar

News Feed