oleh

Sampai Kapan Anak-anak Perlu Diantar Orangtua ke Sekolah?

Ilustrasi

CIREBON (CT) – Di masa-masa awal memulai pendidikan, psikolog anak dari RaQQI Consulting Ratih Zulhaqqi mengatakan, bahwa anak membutuhkan waktu untuk belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Di masa beradaptasi ini, pendampingan orangtua dibutuhkan oleh anak-anak agar mereka lebih merasa nyaman.

Para orangtua perlu memberi tahu seberapa lama mereka akan menemani anak ke sekolah. Frekuensi orangtua dalam mengantar anak juga perlu dikurangi secara bertahap agar menjadi mandiri. Misalnya, di hari pertama anak masuk sekolah orangtua menemani anak di sekolah selama satu hari penuh.

Baca juga: Manfaat Kehadiran Orangtua di Hari Pertama Sekolah

Seiring dengan berlalunya waktu, orang tua bisa mengurangi waktu menemani anak di sekolah menjadi setengah hari. Setelahnya, orang tua bisa kembali mengurangi waktu menemani anak di sekolah hingga bel masuk berbunyi saja.

Proses adaptasi anak di sekolah juga bisa didorong dengan memberikan perhatian kepada anak ketika pulang sekolah. Orangtua dapat bertanya mengenai apa yang anak rasakan di sekolah hingga mengenai teman-teman baru. Setelahnya, orangtua dapat memberikan masukan terkait proses belajar seperti penggunaan buku catatan hingga mendampingi proses belajar di rumah. (Net/CT)

BACA JUGA:   Dukung Program Citarum Harum, UGJ Tanam Dua Ribu Pohon Kelor

Komentar

News Feed