oleh

RSU Budi Asta Dukung Percepatan Vaksinasi Covid-19 Kota Cirebon

Citrust.id – Rumah Sakit Umum (RSU) Budi Asta mendukung program pemerintah dalam upaya percepatan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil maupun masyarakat umum. Vaksinasi diperlukan untuk menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity dalam menangkal Covid-19.

Hal itu dikemukakan Direktur RSU Budi Asta, dr. Raden Mohamad Fattahillah Malik, Sp.M, saat Pencanangan Vaksinasi Ibu Hamil dan Keluarga di Wilayah Kota Cirebon, bertempat di RSU Budi Asta, Jl. Kalitanjung No.51, Kota Cirebon, Kamis (23/9).

Kegiatan itu dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon; Agus Mulyadi, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon; Edy Sugiarto, dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Cirebon.

Malik mengatakan, melalui pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil dan keluarga, diharapkan para ibu hamil maupun keluarganya tidak takut lagi untuk divaksin. Semua pihak pun diharapkan ikut mendukung vaksinasi tersebut

“Selain sebagai perlindungan bagi ibu hamil dan keluarganya, vaksinasi ini juga sebagai perlindungan bagi bidan atau dokter ketika persalinan nanti,” jelas Malik.

Di tempat yang sama, Sekda Kota Cirebon, Agus Mulyadi, menuturkan, suami maupun keluarga perlu mendukung ibu hamil untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19. Camat, lurah, dan kader PKK hendaknya turut mensosialisasikan pentingnya vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil.

Agus melanjutakan, ibu hamil merupakan salah satu kelompok yang rentan terpapar Covid-19. Oleh karena itu, vaksinasi penting untuk memproteksi ibu hamil dari paparan Covid-19.

“Vaksin Covid-19 yang disuntikkan kepada ibu hamil juga bisa menyalurkan antibodi kepada bayi yang dikandung. Ibu hamil jangan ragu untuk divaksin,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto, menjelaskan, pihaknya menargetkan, vaksinasi bagi 5.800 ibu hamil di Kota Cirebon selesai pada November 2021.

“Ibu hamil bisa divaksin ketika usia kandungannya minimal 13 minggu. Semua jenis vaksin aman untuk ibu hamil,” katanya. (Haris)

Komentar

News Feed