oleh

Ribuan Warga Desa Danawinangun Ikuti Tradisi Unjung Nyi Mas Endang Geulis

Cirebontrust.com – Ribuan warga Desa Danawinangun, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon larut dalam acara Ujung Nyi Mas Endang Geulis, di Desa Danawinangun, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon. Mereka memadati Pendopo Kramat Buyut Nyi Mas Endang Geulis untuk mengikuti tridisi tahunan itu, Sabtu (17/12).
a-nyiimasendanggeulis
Acara yang berlangsung sejak pukul 19.30 WIB, diawali dengan dilangsungkannya doa bersama yang berlangsung penuh khidmat. Seluruh pengunjung ikut berdoa bersholawat dan tahlil di Pendopo Buyut Nyi Mas Endang Geulis.

Terlihat ribuan warga dari Desa Danawinangun dan warga dari luar desa setempat, bahkan banyak warga dari Indramayu dan Subang datang mengikuti acara tahunan tersebut. Usai doa bersholawatan dan tahlil bersama axara dilangsungkan mengarak pusaka mengelilingi kampung di Kecamatan Klangenan tersebut.

Menurut Ketua Panitia Pelaksanaan, Wastija di setiap tahunnya, tepatnya di setiap tanggal 17 bulan Maulid, selalu diadakan acara berdoa bersama dan tradisi mengarak benda pusaka jenis gong sekati dan senjata pusaka tombak, diarak keliling kampung dan kembali lagi ke pendopo.

“Semua pusaka pada pukul 03.00 WIB dinihari nanti, langsung memandikan atau disucikan,” ujar Wastija.

Saat pusaka buyut Nyi Mas Endang Geulis mulai dikeluarkan dari pendopo, ribuan warga pun mulai merangsek mendekati sekitar pendopo, mereka berebut memegang pusaka yang di yakini siapa yang berhasil memegang akan mendapatkan keberkahan. (Johan)

BACA JUGA:   Komunitas Trail Promosikan Keindahan Alam Kuningan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed