oleh

Raihan Akreditasi A Tingkatkan Mutu Pendidikan Prodi Manajemen FE UGJ

Citrust.id – Sejak berdiri pada tahun 1961 atau 58 tahun yang lalu, tahun ini Fakultas Ekonomi Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) meraih Akreditasi A untuk Program Studi Manajemen dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Akreditasi menjadi tuntutan wajib bagi perguruan tinggi sebagaimana diatur UU Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 61. Akreditasi merupakan salah satu upaya untuk menjamin mutu suatu lembaga pendidikan. Peringkat akreditasi menjadi bukti bahwa kegiatan pendidikan dan pengajaran sudah sesuai dengan standar jaminan mutu.

Dekan Fakultas Ekonomi UGJ, Prof. Dr. Hj. Ida Rosnidah SE, MM, Ak.CA, mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas nikmat Allah SWT dengan raihan peringkat tertingggi, yakni Akreditasi A. Hal itu juga berarti Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi setara dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Dekan menambahan, ke depan pihaknya akan mempertahankan Akreditasi A meski itu tidak mudah. Tahun depan, bukan lagi tujuh standar akreditasi, tapi sudah sembilan standar.

“Salah satu tantangannya adalah kami akan meningkatkan penelitian dan publikasi karya ilmiah di jurnal bereputasi. Mahasiwa pun dituntut selalu berprestasi di level nasional maupun internasional, baik di bidang akademik maupun nonakademik,” ucapnya, Senin (6/8/2019).

Sementara itu, Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi UGJ, Siska Ernawati Fatimah, SE, MM, menyampaikan, pihaknya berusaha mempertahankan raihan Akreditasi A.

“Kami juga menyiapkan para mahasiwa menjadi lulusan terbaik,” tegas Wadek I.

Wakil Dekan II Fakultas Ekonomi UGJ, Moh. Yudi Mahadiyanto, SE, MM, mengutarakan, dirinya merasa bersyukur, perjuangan tim Fakultas Ekonomi membuahkan Akreditasi A.

“Dengan segudang prestasi kami capai, diharapkan ke depan jumlah mahasiswa Fakultas Ekonomi UGJ terus meningkat,” kata Wadek II.

Di tempat yang sama, Ketua Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UGJ, Adi Setiawan, SE, MM, memaparkan, ada tujuh standar untuk mencapai akreditasi. Standar 1 adalah visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian. Standar 2 tatapamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu. Standar 3 mahasiswa dan lulusan serta Standar 4 sumber daya manusia.

Sedangkan Standar 5 adalah kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik, Standar 6 pembiayaan, sarana dan prasarana serta sistem informasi, dan Standar 7 penelitian, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

“Kami akan berupaya menjaga kerja baik yang sudah dilakukan. Salah satunya mengembangkan pengetahuan lewat penelitian dan karya ilmiah,” jelasnya.

Sekretaris Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UGJ, Anna Suzana, SE, MM, menyampaikan, Akreditasi A Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi UGJ merupakan penghargaan dari kerja keras semua civitas akademika.

“Naiknya reputasi sangat bermanfaat bagi dunia kerja. Akreditasi A ini juga adalah hadiah terbesar bagi mahasiswa serta masyarakat guna menunjang kualitas kegiatan pendidikan,” ujar Anna. (Haris)

Komentar

News Feed