oleh

Penyakit Kanker Payudara Meningkat, Tjiptaningsih: Tiap Puskesmas di Kab. Cirebon Terdapat Dua Penderita

Cirebontrust.com – Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cirebon, Hj. Wahyu Tjiptaningsih Sunjaya mengungkapkan, adanya kenaikan penderita kanker payudara di Kabupaten Cirebon. Hal ini dikarenakan, minimnya kesadaran kaum hawa dalam menjaga kebersihan tubuh.

“Dari 57 Puskesmas yang ada di Kabupaten Cirebon, terdapat dua penderita kanker payudara. Hal ini berdasarkan laporan yang masuk. Mungkin saja, masih ada penderita yang belum melapor. Bila dibandingkan tahun sebelumnya, terjadi peningkatan yang agak tinggi,” katanya di sela meninjau lokasi Kegiatan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS), Desa Sigong, Kecamatan Lemahabang, Rabu (04/10).

Istri bupati Cirebon ini menjelaskan, masyarakat terkadang enggan untuk memeriksakan diri di Puskesmas mengenai keluhan di seputar payudara. Namun, ketika mendekati stadium tinggi baru memeriksakannya. Sehingga, memerlukan biaya yang sangat tinggi untuk mengobatinya. Maka, dalam waktu dekat akan ada yayasan untuk menangani pasien yang terkena payudara maupun masyarakat yang membutuhkan informasi mengenai kanker payudara.

“Tingginya penderita kanker payudara di Kabupaten Cirebon, membuat kami tergerak untuk membuat yayasan. Yayasan tersebut akan memberikan edukasi dan advoksi pada masyarakat yang membutuhkan, sehingga kanker payudara terdeteksi sedini mungkin dan pengobatan tidak terlalu mahal,” jelas Tjiptaningsih. (Riky Sonia)

BACA JUGA:   AKP Budi Hartono Jadi Kapolsek Bantarujeg

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed