oleh

Pemkab Majalengka Diminta Libatkan UMKM dalam Pengadaan APD

Citrust.id – Pandemi virus Corona yang melanda berbagai daerah di tanah air mengakibatkan berbagai persoalan. Di antaranya kelangkaan alat pelindung diri (APD) dan tersumbatnya perekonomian masyarakat. Hal itulah yang mendorong anggota DPRD Provinsi Jawa Barat, Pepep Saeful Hidayat, memberikan solusi atas persoalan tersebut.

Menurutnya, pemerintah harus melibatkan semua komponen masyarakat dalam menanggulangi persoalan tersebut dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

“Saat ini, hampir setiap daerah kelangkaan APD. Di Majalengka banyak konveksi atau pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Jadi, pembuatannya bisa dikerjasamakan dengan mereka, sehingga perputaran roda perekonomian atau uang berputar di Majalengka,” paparnya, Kamis (2/4).

Hal itu juga sejalan dengan himbauan pemerintah yang meminta masyarakat diam di rumah dalam menghadapi pandemi Covid-19. Jika itu dilakukan akan memberikan peluang usaha dengan pemerintah sebagai agennya.

“Sekali lagi, ketika pemerintah berteriak kekurangan APD, pemerintah disini mengkonsolidasikan para pelaku KUKM untuk memproduksi masker dan APD, sehingga satu dayung dua tiga pulau terlampaui,” ujarnya

Dia menambahkan, pandemi virus Corona bukan hanya menyerang kesehatan, dampaknya sangat sistemik. Maka dari itu, ia mengajak masyarakat untuk menyisihkan sebagian gajinya atau rezekinya untuk disumbangkan kepada yang membutuhkan.

“Biar sedikit, kita sama-sama menyisihkan sebagian gaji untuk digunakan menangani virus Corona. Diharapkan itu menjadi pemantik bagi kesadaran maayarakat untuk ikut berpartisipasi,” ucapnya. (Abduh)

BACA JUGA:   Jelang New Normal, Kemenag akan Luncurkan Kebijakan Revitalisasi Rumah Ibadah

Komentar

News Feed