oleh

Pemkab Kuningan Lepas Puluhan Warga Transmigrasi ke Kabupaten Kaur

KUNINGAN (CT) – Pemerintah Kabupaten Kuningan melepas calon Transmigrasi sebanyak 10 KK yang terdiri dari 38 jiwa dari 8 desa yang tersebar di 10 Kecamatan. Berdasarkan rencana sebelumnya, transmigran itu diberangkatkan ke UPT Kedataran Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Mereka dilepas langsung oleh Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Kuningan, Jumat (28/11).

Kadinsosnakertrans Kabupaten Kuningan, Dadang Supardan yang didampingi oleh Ketua Komisi 4 DPRD Kuningan, Tresnadi mengatakan, Program transmigrasi ke Kabupaten Kaur merupakan yang kedua kalinya, yang pada tahun sebelumnya sebanyak 15 KK terdiri dari 52 jiwa diberangkatkan. Calon transmigran terlebih dahulu diseleksi dan di berikan pelatihan khusus.

“Calon transmigran yang diprioritaskan adalah seorang petani, namun mereka diseleksi faktor usia dan kesungguhan, dan dilakukan pelatihan terlebih dahulu. Bahkan dari Kementrian juga minta transmigran warga dari Kuningan,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda berpersan kepada para calon transmigran, dalam meningkatkan taraf hidup ditempat yang baru, agar selalu menjaga nama baik daerah Kabupaten Kuningan, selalu bergotong-royong, mengikuti program pemerintah setempat, serta tidak mudah menyerah.

“Manfaatkanlah fasilitas yang diberikan oleh pemerintah, seperti lahan, pekarangan yang ditanami tanaman produktif, satu unit rumah,” ujar Utje dalam sambuatan pelepasan peserta transmigrasi tersebut.

Apalagi sebelumnya, calon transmigran juga dibekali dengan alat pertanian, bibit tanaman palawija, obat-obatan, pakaian, dan uang saku sebagai awal menjalani hidup di tempat yang baru. (CT-111)

BACA JUGA:   Bhanaspati Beri Bantuan untuk Tim Tanggap Gugus Tugas Covid-19

Komentar

News Feed