oleh

Panwaslu Indramayu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Pemilih Pemula

Indramayutrust.com – Panwaslu Indramayu menggelar sosialisasi pengawasan pemilu dan pemilihan partisipatif bagi pemilih pemula, yang dihadiri sejumlah pelajar dan mahasiswa di Aula hotel Trisula Indramayu, Selasa (31/10).

Ketua Panwaslu Indramayu, Nurhadi, mengajak kepada pemilih pemula untuk dapat ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi sebagaimana mottonya yakni “Bersama rakyat awasi pemilu, bersama Bawaslu tegakan keadilan pemilu”.

Nurhadi menjelaskan, Pemilihan dan Pemilu adalah berbeda. Pemilihan untuk memilih Gubernur, Bupati dan Wali Kota. Sementara, pemilu diselenggarakan untuk memilih presiden dan wakil presiden, anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

Selain itu, lanjut Nurhadi, kepada para pemilih dalam Pemilu juga mempunyai hak memilih dan hak mengawasi. Pemilih pemula agar mengecek namanya di balai desa, untuk menjamin seluruh hak pemilih agar masuk di daftar pemilih.

“Tolong awasi kepala desa, PNS, yang ikut-ikutan kampanye agar melaporkan kepada kami (Panwaslu, red), juga pada orang-orang yang membagikan uang atau money politik untuk mempengaruhi dan mengarahkan pemilih agar memilih calon atau tidak memilih calon tertentu,” terangya.

Dikatakannya, siapa yang memberi dan menerima dalam praktek Money Politik, agar laporkan kepada Panwaslu.

“Kami berharap agar pemilih pemula tergerak turut aktif, berpartisipasi dalam mengikuti dan mengawasi pemilu, dengan diselenggarakannya sosialisasi ini agar pemilih pemilu bisa mengetahui hak memilih serta potensi pelanggarannya,” harapnya

Suasana bertambah meriah dengan antusias para peserta yang mayoritas merupakan pemilih pemula untuk bertanya, terkait masalah seputar Pemilu dan langsung dijawab oleh para pemateri. (Didi)

BACA JUGA:   Kapolres Majalengka akan Tindak Tegas Anggotanya yang Main Proyek

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed