oleh

Nadran Potensi Wisata Unggulan Kota Cirebon

Citrust.id – Pemerintah Daerah Kota Cirebon mendorong acara sedekah laut atau nadran nelayan menjadi agenda nasional pariwisata. Hal ini dilakukan untuk mendukung agenda pariwisata dan meningkatkan kunjungan wisatawan.

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, mengatakan, nadran adalah salah satu pelestarian nilai budaya sebagai warisan leluhur. Di dalamnya banyak keunikan yang dapat dinikmati para wisatawan dan warga sekitar.

Eti menyampaikan, Pemda Kota Cirebon mendorong pelaksanaan nadran tahun depan dapat dilaksanakan dalam satu momen.

Ada empat wilayah yang melaksanakan nadran, yakni Cangkol Tengah, Kesunean, Samadikun dan Kejawanan. Jika dilaksanakan secara bersamaan akan menjadi sangat meriah.

“Dengan jumlah besar tentu akan menjadi daya tarik pariwisata. Kami juga akan mencoba bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Cirebon bila ada kemungkinan nadran dilaksanakan secara bersamaan,” kata Eti, saat menghadiri kirab ancak sedekah laut kampung nelayan Cangkol Tengah di halaman BAT, Sabtu (6/10).

Plt. Kepala DKOKP Kota Cirebon, Adin Imadudin Nur, mengatakan, pihaknya akan mencoba mengembalikan pesta nadran secara bersamaan pada tahun depan. Kegiatan bersama akan meningkatkan kebersamaan antar nelayan termasuk dalam agendan nadran.

“Tahun ini tiga wilayah pesisir sudah melakukannya, terakhir Pesisir Cangkol. Kami harapkan tahun depan tentunya dapat dilaksanakan secara bersamaan sehingga akan besar acaranya,” kata Adin.

Dikatakan Adin, nadran merupakan wujud pelestarian seni budaya dengan menyalurkan berbagai potensi yang ada.

“Kami berharap pelaksanaan nadran selalu melibatkan nelayan serta masyarakat setempat. Nadran pun diharapkan meningkatkan kunjungan pariwisata,” tandasnya. (Haris)

BACA JUGA:   Rehabilitasi Hutan dan Lahan Harus Libatkan Berbagai Pihak

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed