oleh

Nadran Laut Karangsong, Dedi Mizwar Akan Berkunjung ke Indramayu

Ilustrasi

INDRAMAYU (CT) – Pesta laut atau nadran nelayan di Karangsong Indramayu, yang digelar sejak 11 Juli kemarin hingga 15 Juli nanti, merupakan acara rutin yang digelar para nelayan Karangsong pada perayaan tradisi nadran di setiap tahunnya. 

Dalam acara tersebut juga akan dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat, Dedi Mizwar, pada acara festival nadran laut karangsong 2016, sekaligus mengikuti pelepasan meron dan menyaksikan pemecahan rekor muri makan sop ikan gombyang yang akan dilaksanakan hari ini, Rabu (13/07).

“Dedi Mizwar beserta rombongan akan datang sekitar pukul 08.30 WIB di Aula KPL Mina Sumitra Indramayu, lalu longmarch bersama peserta Karnaval lainnya hingga ke TPI Karangsong,” ungkap H.Tawajud, Ketua Panitia.

Selain menyaksikan acara pelepasan meron yang berisi kepala kerbau dan akan dibawa hingga ke tengah laut, Dedi Mizwar juga akan memberikan sambutan tentang pemecahan rekor muri makan sop ikan gombyang bersama ribuan nelayan di laut Karangsong Indramayu.

Sementara, ketua KPL Mina Sumitra Indramayu, Ono Surono ST, yang juga merupakan ketua umum Induk Koperasi Perikanan Indonesia (IKPI), mengatakan jika acara Nadran Laut Nelayan Karangsong tersebut merupakan acara rutin yang dilaksanakan para nelayan, sebagai bentuk rasa syukur nelayan sekaligus merupakan tradisi nelayan.

“Selain acara sakral pelepasan meron yang membawa kepala kerbau sampai tengah laut, festival nadran laut karangsong juga dimeriahkan oleh orkes dangdut dan kesenian tradisional seperti wayang kulit, wayang golek, sandiwara dan sebagainya,” ungkapnya.

Acara Nadran Laut Karangsong juga dimeriahkan dengan berbagai perlombaan untuk nelayan, diantaranya lomba dayung perahu sampan, angkut es balok, memecahkan es balok, angkut pecahan es balok dan ikan, anyam jaring, angkat jangkar dan panjat pinang.

“Semoga saja acara nadran ini berjalan aman dan lancar, juga bisa lebih meriah lagi,” terang Ono Surono ST. (Didi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed